MotorMotor Baru

BMW M 1000 RR Secara Resmi diperkenalkan Pertama Kali di Dunia

GARDUOTO – Walau pandemi masih menyelimuti dunia, tidak membuat BMW Motorrad untuk memperkenalkan lini model terbaru di bawah ‘bendera’ M, yang merupakan produk motor berperforma tinggi di jajaran BMW Global.

Adapun produk terbarunya tersebut adalah BMW M 1000 RR. Model M RR ini sebagai interprestasi BMW dalam menghadirkan model terkuat di jajaran BMW Motorrad yang telah dihadirkan kepada publik dunia.

BMW M 1000 RR merupakan model M perdana dari BMW Motorrad yang berbasiskan S 1000 RR lansiran 2020.

Adapun dikeluarkannya produk baru ini karena pengembangan M RR sendiri mengikuti kesuksesan M Series yang telah dimulai sejak akhir 2018 silam.

Motor BMW ini menonjolkan sektor performa yang menjadi fokus utamanya, dengan tenaga serta torsi lebih besar dibandingkan S 1000 RR.

Selain itu, imbuhan material karbon yang disematkan di beberapa komponen plus dipasangkannya sayap (winglet) di bagian depan, turut menyumbangkan aksen balap ke dalam tubuh BMW M 1000 RR.

BMW M 1000 RR dibekali mesin berbasiskan versi RR yakni 4 silinder segaris berpendingin cairan, dipadukan dengan teknologi BMW ShiftCam. Bobot kotor pun hanya 192 kg.

Hasilnya, output yang mencapai 212 hp pada 14.500 rpm dengan torsi puncak diangka 113 Nm di putaran mesin 11.000 rpm, plus kecepatan maksimal hingga 15.100 rpm.

Secara teknis, mesin M 1000 RR memiliki optimisasi teknis yang ekstensif seperti piston baru 2-ring baru lansiran Mahle, ruang bakar yang disesuaikan, kompresi ditingkatkan menjadi 13,5, dan connecting rods berbahan titanium yang lebih panjang dan ringan.

Selain itu, disematkan rocker arm lebih ramping dan ringan, port intake yang sepenuhnya dirancang dengan geometri saluran baru, serta optimalisasi pada camshaft dan area intake. Sistem knalpot yang ringan juga terbuat dari titanium.

BMW M 1000 RR telah dipasangkan sasis baru berbasiskan model RR, dengan rangka ‘jembatan’ di bagian tengahnya terbuat dari aluminium.

Sasis ini begitu serasi dipadu dengan shock model upside-down di depan yang dioptimalkan fungsinya.

Secara keseluruhan, mesin M 1000 RR baru lebih bertenaga dibandingkan power train RR di rentang 6.000 rpm hingga 15.100 rpm.

Rentang putaran mesin tersebut sangat relevan untuk dinamika berkendara di trek balap, namun tetap layak digunakan di area perkotaan tanpa kehilangan sisi sportynya.[Go/RES]

PERHUMAS Gelar Konvensi Nasional Humas 2020

Previous article

Kali Ini NTB Dapat Bantuan Ventilator dari Astra Financial

Next article

You may also like

More in Motor

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *