Tips

Berkendara Aman, Hindari Kelebihan Muatan

GARDUOTO – Dalam melakukan perjalanan jauh seringkali kita membawa barang atau penumpang yang melebihi dari kapasitas maksimal mobil yang kita kendarai.

Namun ternyata masih banyak orang yang belum menyadari bahwa barang bawaan atau jumlah penumpang yang melebihi dari kapasitas maksimal mobil dapat berisiko membahayakan keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

Kelebihan muatan pada mobil memiliki banyak risiko bagi aspek keselamatan saat berkendara. Hal ini terutama disebabkan karena adanya perubahan berat yang ditopang melebihi kapasitas maksimal pada mobil.

Sehingga dapat mempengaruhi kondisi-kondisi seperti: keseimbangan dan kecepatan mobil saat melaju, berkurangnya tekanan angin pada ban, berkurangnya kekuatan pada mesin, hingga membuat penggunaan BBM menjadi lebih boros.

Akan lebih berbahaya lagi jika Anda membawa muatan barang berlebih di atas mobil dengan kondisi tidak tertutup rapat dan tidak terikat kencang.

Hal ini tentunya akan merubah titik keseimbangan mobil dan mempengaruhi laju mobil saat berkendara, yang dimana akan membuat mobil menjadi lebih sulit untuk dikendalikan karena hambatan udara yang semakin besar.

Lalu bagaimana dengana asuransi mobil yang kecelakaannya diakibatkan oleh kelebihan muatan?
Jika terbukti salah satu penyebab kecelakaan memang terjadi karena adanya kelebihan muatan seperti misalnya kapasitas mobil Anda hanya memiliki tujuh seater.

Namun ternyata saat kecelakaan terjadi penumpang di dalam mobil terdapat 12 orang, maka pihak asuransi tidak dapat membantu untuk klaim asuransi.
Pengecualian ini sesuai dengan yang tertuang pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) Bab II Pengecualian Pasal 3 ayat 1.4 yang berisi:

“1.4. Kelebihan muatan dari kapasitas kendaraan yang telah ditetapkan oleh pabrikan jika hal tersebut tidak diatur oleh pihak yang berwenang.”

Maka dari itu selalu utamakan keselamatan, patut untuk selalu diingat bahwa saat Anda berkendara, keamanan adalah hal terpenting yang harus diutamakan.

Dengan mengutamakan keamanan dan keselematan, perjalananpun akan semakin nyaman dan menyenangkan.

Yuk sama-sama untuk tidak lupa selalu mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah untuk tetap #JagaJarak kapanpun dan dimanapun, demi membantu memperlambat laju penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.[Go/RES]

New Normal, DFSK Kembali Buka Bisnisnya

Previous article

Launching Yamaha WR 155R di Lampung, Banyak Biker kepincut

Next article

You may also like

More in Tips

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *