RagamTips

Tips dari Suzuki Agar New Carry Pick Up Bisa Awet


GARDUOTO – New Carry Pick Up merupakan ujung tombak Suzuki di segmen kendaraan komersial. Bukan hanya menjadi salah satu yang terlaris di jajaran mobil Suzuki, New Carry Pick Up juga merupakan salah satu mobil paling laku di Indonesia.

Pembeli Carry Pick Up tentunya memakai mobil ini untuk keperluan usaha, yang notabene sering melakukan pekerjaan berat seperti membawa angkutan barang dalam jumlah muatan yang banyak.

Kondisi pemakaian yang seperti itu pastinya akan mempengaruhi kondisi mobil. Apalagi, jika mobilnya sering dipakai untuk keperluan tersebut dalam jangka waktu yang panjang.

Guna mencegah terjadinya hal buruk yang disebabkan karena faktor pemakaian, Suzuki pun memberikan beberapa tips untuk pengguna Carry Pick Up, supaya mobilnya bisa awet.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah perhatikan kondisi ban. Perhatikan tekanan udara pada ban sesuai rekomendasi yang disarankan pada stiker di pilar pintu kendaraan atau di buku Pedoman Pemilik Kendaraan.

Ini perlu dilakukan untuk tetap menjaga performa traksi ban tetap optimal yang sekaligus dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar dan fungsi pengereman. Pastikan juga cek ketebalan permukaan tapak ban atau sesuai rekomendasi dari bengkel resmi Suzuki.

Ilustrasi pembersihan kolong New Suzuki Carry Pick Up. Foto: SIS

Selanjutnya adalah memeriksa kinerja pengereman dan kopling lewat pedal. Pengereman dan kopling mobil pick up menjadi bagian vital untuk menjaga keselamatan pengendara atau pengemudi lain.

Pengendara harus memperhatikan kinerjanya lewat langkah termudah dengan cara menginjak pedal sambil merasakan pengereman dan kopling dalam kondisi yang normal.

Mengecek wiper dan lampu juga tak kalah penting. Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik agar dapat menerangi perjalanan ataupun terlihat oleh pengendara lain, terlebih pada kondisi malam hari. Jangan memodifikasi lampu atau kelistrikan lainnya terkait dengan fungsi lampu.

Merawat wiper merupakan hal esensial saat musim hujan agar menghasilkan pandangan yang lebih maksimal. Periksa kelenturan/fungsi karet wiper dan isi cairan wiper secara rutin sesuai standar volume yang disarankan.

Terkait kapasitas angkutnya, Suzuki Carry Pick Up memang mampu mengangkut barang bawaan hingga 1 ton. Meski begitu, bukan berarti kita boleh sembarangan saat mengangkut barang.

Letakkan barang yang berbobot lebih berat pada bagian terdepan dari bak, dan barang berbobot lebih ringan pada bagian paling belakang. Trik pembagian beban tersebut dapat menjaga kestabilan kendaraan saat digunakan.

Usahakan untuk tidak membawa bahan material/cairan yang mudah terbakar dan dapat menimbulkan potensi bahaya bagi pengendara dan penumpang seperti bahan bakar, oli, minyak sayur, dan cairan kimia lainnya. Penyimpanan yang tidak baik dapat menyebabkan kebocoran atau tumpah, hingga terjadi kebakaran.

Meski sering dipakai untuk melakukan kerja berat, namun menjaga kebersihan interior Suzuki Carry Pick Up tetaplah penting. Menjaga kebersihan mobil dapat dilakukan menggunakan vacum cleaner khusus mobil yang mampu mengangkat kotoran di bagian sela-sela interior.

Terakhir, pastikan Carry Pick Up melakukan servis berkala secara rutin di bengkel resmi Suzuki. Hindari untuk melakukan perawatan di luar Bengkel Resmi Suzuki.

“Pentingnya melakukan perawatan secara berkala memiliki banyak manfaat, seperti mengoptimalkan kinerja mesin, terhindar dari kerusakan, menjaga nilai jual mobil, efisiensi penggunaan bahan bakar, dan mempertahankan kualitas sistem keamanan kendaraan.”

“Kurangnya perhatian terhadap kendaraan dapat membahayakan diri sendiri dan pengemudi lainnya di jalan. Maka dari itu, lakukanlah perawatan secara rutin baik di rumah maupun di bengkel resmi Suzuki terdekat, kata Hariadi, Asst. To Service Dept. Head PT SIS, dalam keterangan resminya. (GO/Gie)

Untuk Pertama Kalinya, Dry Box Honeycomb Hadir di Indonesia

Previous article

Hyundai H-1, MPV Elegan dengan Harga Kompetitif

Next article

You may also like

More in Ragam

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *