Komersial

Melalui Sasis B11R, Volvo Siap Beri Kenyamanan Lebih

GARDUOTO – Dalam persaingan sasis bus premium di Indonesia, Volvo menjadikan B11R sebagai jagoannya. Sebelumnya, sasis Volvo B11R sudah lebih dulu digunakan oleh TransJakarta, yang mana unit yang sudah beroperasi kini berjumlah lebih dari 120 unit.

Bukan hanya oleh TransJakarta, sasis Volvo B11R ini ternyata juga dilirik oleh banyak Perusahaan Otobus (PO). Salah satu PO yang mengandalkan sasis Volvo B11R untuk armadanya adalah Rosalia Indah.

Rosalia Indah memilih untuk membangun sebuah bus ultra-high dengan panjang 13,5 meter di atas sasis Volvo B11R. Saat ini, Rosalia Indah mempunyai dua armada bus dari Volvo B11R yang sudah beroperasi, dan masih ada lima unit lagi yang sedang dalam perakitan.

Semua unit bus Volvo B11R yang dimiliki oleh Rosalia Indah menggunakan mesin berkapasitas 11 L dengan tenaga sebesar 430 dk berpenggerak 6×2. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi I-Shift 12 percepatan.

Garduoto beruntung karena kami diajak oleh PT Indotruck Utama (ITU), selaku agen pemegang merek (APM) bus Volvo di Indonesia untuk merasakan perjalanan dengan Volvo B11R 6×2 milik Rosalia Indah. Perjalanan ini diadakan pada Kamis (5/3) kemarin, dari Sentul, Bogor, Jawa Barat, ke Wisma Indomobil di Jakarta Timur.

Walau tidak terlalu jauh, namun dalam perjalanan kami sempat melewati jalan yang konturnya naik turun. Dari sanalah kami sudah menilai soal kenyamanan dan performa Volvo B11R 6×2.

Sejak dulu kala, Volvo dikenal sebagai sebuah brand yang terkenal akan kenyamanannya. Itu berlaku baik untuk mobil penumpang, bus, ataupun truknya. Kenyamanan yang sudah menjadi nilai leluhur kendaraan Volvo nyatanya juga diwariskan ke B11R.

Kenyamanan Volvo B11R 6×2 tidak hanya dikarenakan bantingan suspensinya yang lembut, tapi juga disebabkan oleh minimnya vibrasi mesin. Selain menjaga kenyaman, minimnya vibrasi mesin juga membuat akselerasi Volvo B11R 6×2 jadi terasa sangat halus, terutama saat cruising di jalan tol.

Di samping nyaman dan halus, hal lain yang kami rasakan saat Volvo B11R 6×2 ini diajak cruising di jalan tol adalah stabil. Meski dipacu dengan kecepatan yang relatif tinggi, namun bus ini tetap berjalan dengan stabil, tanpa terasa body roll yang berlebihan.

Bahkan saat kami melewati speed bump, tidak ada guncangan berlebih yang membuat para penumpang jadi terombang-ambing. Hal ini tentu semakin membuktikan betapa baiknya kestabilan Volvo B11R 6×2.

Setelah mencobanya, dapat kami tarik kesimpulan bahwa kestabilan maksimal yang dimiliki oleh Volvo B11R ini tidak hanya berasal dari suspensinya yang nyaman, tapi juga dari rigiditas sasis yang optimal yang membuatnya dapat meredam guncangan dengan baik, yang mana hal tersebut berdampak pada faktor kenyamanannya yang tetap terjaga.

Saat perjalanan berakhir, akhirnya kami mengerti kenapa banyak PO yang mengandalkan Volvo B11R 6x2R sebagai armada bus premiumnya. Alasannya tidak lain dan tidak bukan karena ia mempunyai sasis yang rigid dan kokoh, nyaman, serta mesin yang halus.[Go/Gie]

Wahana Dukung Pendidikan Lembaga Pembinaan Khusus Anak

Previous article

Setelah 23 Hari Diperkenalkan, Suzuki XL7 ‘Banjir’ Pesanan

Next article

You may also like

More in Komersial

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *