Bengkel

Inilah Kelebihan Onderdil Mobil Asli dan Tips Membedakannya dengan yang Palsu

GARDUOTO – Memiliki kendaraan pribadi begitu menyenangkan. Bisa ke mana saja dengan mudah dan bisa dibilang lebih hemat jika dibandingkan mengendarai kendaraan umum setiap waktu.

Tapi tentu saja perlu perawatan yang tepat supaya kendaraan yang dimiliki tidak cepat rusak. Salah satu caranya adalah pilih onderdil atau spare parts yang asli.

Gampang-gampang susah saat disuruh untuk membedakan mana onderdil mobil asli atau palsu. Namun sebelum cara membedakannya, mari bahas terlebih dahulu keuntungan yang akan didapatkan jika memilih spare part orisinil.

Selalu Cocok dengan Kendaraan

Jika memilih onderdil yang genuine, akan selalu cocok dipasangkan. Sebagai informasi, setiap vendor memiliki onderdil masing-masing. Jika membeli yang asli tentu saja akan cocok sehingga mudah dipasang. Tidak perlu merombak onderdil lainnya.

Bayangkan jika membeli yang tidak asli ada kemungkinan merombak bagian lain. Mungkin perubahan ini tidak akan terasa dalam waktu dekat, namun akan terasa setelah beberapa bulan atau tahun pemakaian.

Lebih Jarang ke Bengkel

Onderdil yang asli tidak akan mudah rusak, kualitasnya bagus dan kerap kali sudah dijamin kualitasnya. Masa pakainya juga akan lebih jelas. Oleh sebab itulah, jika ada bagian kendaraan yang rusak usahakan untuk selalu mengganti dengan yang asli atau suku cadang yang sama dengan bawaan pabrik.

Dengan begini kendaraan atau mobil akan lebih awet, tidak perlu sering-sering ke bengkel. Artinya, pengeluaran jauh lebih hemat.

Kendaraan Akan Lebih Nyaman

Dengan kualitas yang terjamin, menggunakan kendaraan akan lebih nyaman. Diambil contoh saja memilih shockbreaker, jika asli akan memberikan rasa nyaman yang lebih maksimal selain itu kendalinya juga lebih baik saat dikendarai di jalanan yang bergelombang.

Di sisi lain jika menggunakan shockbreaker palsu mobil akan terasa lebih kasar dan sedikit lebih sulit dikendalikan dalam jalanan yang buruk.

Mobil Lebih Aman Digunakan

Memilih spare part asli akan lebih terjamin dalam hal keamanan. Kualitasnya sudah tidak perlu diragukan, sehingga tidak khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat dikendarai.

Suku cadang ini biasanya juga memiliki garansi, membuat banyak orang lebih tertarik. Jika terjadi masalah atau kerusakan bisa diajukan komplain dan diganti dengan yang baru. Tentu saja lebih menguntungkan dibanding dengan onderdil abal-abal.

Harga Jual Kembali Tetap Tinggi

Setelah keamanan dan kenyamanan yang ditawarkan memilih sparepart original juga akan membuat harga jual mobil tetap tinggi. Orang yang membeli tentu saja akan mencobanya terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi, mereka akan merasakan halus atau tidak mesin ataupun onderdil lainnya.

Jika sudah diuji memberikan kenyamanan tentu saja harga lebih tinggi dibandingkan dengan mobil yang diganti dengan onderdil sembarangan.

Supaya terhindar dari penipuan, selalu beli onderdil di tempat-tempat resmi atau terpercaya.

Selain itu jika terpaksa membeli di sembarang tempat ada beberapa cara untuk mengetahui keasliannya. Apa saja yang perlu diperhatikan? Mari simak ulasannya lebih dalam seperti berikut.

● Sebelum membeli carilah terlebih dahulu informasi mengenai onderdil yang dibeli. Setelah itu cari yang harganya tidak terlalu beda. Jika dirasa terlalu murah, ada baiknya diurungkan saja.
● Selanjutnya, perhatikan dari nomor seri spare part yang dibeli. Brand yang asli akan memiliki nomor seri tertentu, jika ditemukan ada yang tidak beres, segera urungkan niat untuk membelinya.
● Tidak kalah penting adalah mengecek garansi yang ditawarkan. Onderdil asli biasanya akan diberi garansi pihak yang memproduksi, sementara palsu biasanya hanya garansi toko saja. Perlu diketahui jika tidak semua spare part memiliki garansi.
● Periksa juga kondisi kemasannya, apakah masih bagus atau terlihat lusuh. Biasanya yang asli masih bagus kemasannya karena belum atau jarang dibuka.
● Terakhir jangan lupa untuk memperhatikan bahan dan spesifikasinya.

Memberi onderdil yang asli memang lebih disarankan dari palsu. Keuntungan yang didapatkan sudah dipaparkan, tips untuk memilihnya juga sudah. Jadi, jangan asal murah saja, perhatikan aspek lainnya saat membeli suku cadang mobil.[Go/Res]

Wow, Suzuki XL7 Berikan Diskon Saat Launching Besok

Previous article

Hino Indonesia Resmi Punya Presiden Direktur Baru

Next article

You may also like

More in Bengkel

1 Comment

  1. terima kasih atas infonya, semoga sukses selalu buat usahanya
    apakah velg mobil itu bisa retag ?

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *