Ultimate magazine theme for WordPress.

Mau Touring Sepedamotoran? Perhatikan 7 Hal Ini

GARDUOTO – Tampaknya touring saat ini menjadi salah satu pilihan utama untuk menikmati indahnya alam dengan menggunakan sepedamotor.

Apalagi rute yang asik. Panorama yang memanjakan mata dan keseruan bersama dengan rekan lainnya menambah perjalanan pun semakin menyenangkan.

Tentunya yang harus dipersiapkan bukanlah hanya rencana destinasi yang akan para bikers datangi saja tetapi banyak hal lainnya yang harus disiapkan dengan tujuan demi kelancaran aktifitas selama perjalanan touring.

Sejalan dengan kampanye #Cari_Aman yang digulirkan Honda kepada seluruh lapisan masyarakat. Ada 7 saran dari PT Daya Adicipta Motora (DAM) yang perlu disiapkan sebelum touring menggunakan sepeda motor.

Pertama adalah jaket. Tidak semua jaket bisa dipakai untuk touring. Untuk touring diperlukan jaket yang tebal yang bisa menutupi tubuh dan menutupi bagian leher, pergelangan tangan, pinggul dan dilengkapi dengan sistem protector atau pelindung.

“Tujuan dari jaket yang desainnya menutupi anggota tubuh adalah untuk meminimalisir cedera saat terjadi kecelakaan,” ujar Asep Wawan, Instruktur Safety Riding DAM.

Selain jaket yang wajib digunakan saat touring, helm juga menjadi salah satu perangkat safety yang wajib digunakan oleh bikers. Pastikan helm yang digunakan memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI). Baik yang helm half face dan full face.

Pakaian ganti dan alas kaki juga penting. Tentunya aktifitas touring merupakan kegiatan yang menempuh jarak jauh, untuk itu perlu mempersiapkan pakaian ganti selama touring berjalan.

Selain itu, perlu mempersiapkan alas kaki yang sesuai. Sepatu touring yang bagus pasti mempunyai 3 bagian pelindung, yaitu pelindung pada bagian mata kaki (ankle), tulang kering (bone shine) dan jari kaki (toe slider).

Jangan lupa juga adalah jas hujan. Saat ini cuaca di sejumlah kota memang sedang memasuki musim hujan. Untuk kenyamanan saat berkendara, perlu mempersiapkan jas hujan yang berwarna terang karena pada saat hujan jarak pandang akan berkurang.
Obat-obatan dan P3K juga wajib dibawa. Ini komponen wajib dalam perjalanan touring menggunakan sepeda motor. Karena selama perjalanan bisa saja dihadapkan pada hal-hal yang tidak terduga.

Tidak lupa sepedamotor pun perlu dipersiapkan mulai dari kondisi ban, rem, sistem kemudi dan juga mesin. Ini untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Terakhir adalah siapkan kondisi badan. Jika kendaraan sudah siap maka yang selanjutnya adalah perlu mempersiapkan kondisi fisik pengendara.

Jaga kondisi sebelum touring, istirahat yang cukup, hindari bergadang karena akan memerlukan fokus yang ekstra selama touring.[Go/Res]

Leave A Reply

Your email address will not be published.