Bengkel

Masih Bingung Pilih Busi? Tiga Busi NGK Bisa Jadi Andalan

GARDUOTO – Banyak pengguna kendaraan ternyata masih bingung memilih busi mana yang paling pas untuk dipakai. Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia saat diwawancara Garduoto.com, Rabu (28/11) via telepon mengatakan di NGK terdapat tiga model yang bisa dipilih.

Pertama adalah Standar nickel. Busi ini biasanya adalah standar pabrikan OEM. “Jadi kalau secara kualitas udah pasti ngikut kualifikasinya OEM tapi kalo dibandingkan dengan platinum dan Iridium IX jelas kalah performance,” tegas Diko.

Untuk tipe busi yang kedua adalah Platinum G-Power ini dikenal dengan istilah platina adalah unsur kimia dengan lambang Pt dengan nomor atom 78 yang memiliki sifat logam putih padat, lunak dan ulet.

Busi ini memiliki daya tahan terhadap korosi bahkan pada suhu tinggi menjadikan platinum jauh lebih baik. Dengan kualitas bahan yang ada di G-Power lebih baik maka mampu bertahan terhadap panas 21% lebih baik dibandingkan dengan material nikel.

Busi ini menggunakan platinum pada ujung tip elektroda tengah (center electrode). Dengan paduan nikel pada ground electrode menjadikan efek quenching inti api dapat lebih berkurang.
Efeknya bagi mesin bila menggunakan busi ini maka akan lebih bertenaga dan optimal dalam proses pengapian.

Sedangkan tipe busi yang ketiga adalah Iridium. Busi ini diklaim lebih baik dan lebih sempurna untuk pengapian.

“NGK Iridium memiliki elemen logam yang keras, anti korosi dan tahan panas. Selain keunggulan tersebut, busi NGK Iridium selain memiliki bahan yang berkualitas,” tambah Diko.

Tambahan lainnya adalah dengan bahan elektroda meterial yang memiliki titik didih yang cukup tinggi berkisar antara 2500 derajat celcius.

Iridium juga memiliki pembakaran lebih fokus pada satu titik. Sehingga mampu melayani mesin yang panas dan yang membutuhkan percikan api yang bagus.

Efeknya memicu respon gas dan akselerasi jadi lebih meningkat. Jadi kendaraan Anda menjadi lebih irit dan tentunya juga meningkatkan gas buang menjadi lebih ramah.

“Nah dari ketiga busi tersebut memang memiliki kualitas yang berbeda-beda. secara prinsip dasar pada saat kondisi kendaraan masih gress baru langsung diganti ke platinum atau Iridium harusnya justru membantu sistem pembakaran dan pengapian lebih baik,” ungkap Diko.[Go/Res]

Ini Dia Tarif Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi

Previous article

Jalan Tol Solo-Ngawi  dan Ada Enam Rest Area

Next article

You may also like

More in Bengkel

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *