Tips

Tips Aman Berkendara Saat Hujan Tiba


adp

JAKARTA (GO) – Beberapa hari terakhir ini curah hujan dengan intensitas ringan, sedang dan tinggi, sering mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya. Akibatnya sejumlah ruas jalan tergenang, rusak dan licin.

Berikut ini beberapa tips aman berkendara disaat musim hujan :

  • Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik untuk membantu melihat saat jarak pandang terbatas karena hujan. Nyalakan lampu utama, untuk membantu pengendara lain melihat kendaraan Anda saat hujan,
  • Periksa kondisi tekanan udara dalam ban dan kedalaman alur ban secara rutin, minimal seminggu sekali. Sebab, kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik agar kendaraan tidak melayang di atas air. Tekanan ban yang cukup dan alur ban yang baik itu untuk mencegah kendaraan melayang di atas air.
  • Kontrollah komponen utama kendaraan anda yaitu kemudi, pedal rem, gas maupun kopling apakah sudah dalam kondisi baik dan berikan perawatan ektra selama musim hujan.
  • Kurangi kecepatan dalam mengendarai karena pada saat hujan permukaan jalan licin akibat dari bercampurnya oli dengan air agar ban Anda tidak tergelincir (slip).
  • Jangan sembarang menerobos genangan air karena tidak tahu kedalamannya. Hal ini bisa mengakibatakan kendaraan mogok atau terperosok ke dalam lubang yang mungkin ada di dalam genangan air tersebut.
  • Jika kendaraan terjebak banjir dan mogok karena air masuk ke saluran pembuangan gas, jangan dihidupkan mesinnya. Lebih baik didorong ke tempat aman karena khawatir sistem pengapiannya mengalami konsleting yang bisa membuat kendaran terbakar.

Semoga tips ini berguna bagi pengendara saat menghadapi musim hujan, tetap jaga keselamatan dalam berkendara.[Go/Yud]

Jokowi : Ada BBM Tidak Satu Harga Segera Laporkan!

Previous article

Ini Jawaban “Datar” AHM Tentang Grip Gas Honda CRF150L yang Patah

Next article

You may also like

More in Tips

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published.