MobilMobil Baru

Apa Saja Kelebihan All New Ertiga, Ini Ulasannya

GARDUOTO – Mungkin bagi Anda yang masih penasaran sosok dan kelebihan dari All New Ertiga tidak salahnya membaca artikel ini.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang ikut berpartisipasi dalam ajang HUT Forwot yang diadakan di Hotel Aston Sentul, Sabtu-Minggu (12-13/05) mengulas tuntas kelebihan All New Ertiga.

Ada tiga fitur unggulan yang patut Anda perhitungkan sebagai konsumen yang ingin membeli Ertiga.

Pertama adalah mesin. Ertiga anyar dibekali mesin K15B Euro 4. Dengan begitu maka Suzuki mengklaim mobil ini akan jauh lebih irit bahan bakar.

Selain itu jelas tenaga yang dihasilkan dari mobil ini jauh lebih baik dari generasi pertama. Mesin K15B berkapasitas total 1.462 cc. Sementara Ertiga lama memakai mesin 1.372 cc.

Tapi Suzuki mengubah bore x stroke hingga rasio kompresinya. Berarti blok mesin, piston hingga kruk as keluaran terbaru untuk all-new Suzuki Ertiga.

Apabila dibandingkan, bore x stroke dan rasio kompresi Suzuki Ertiga lama adalah 73 x 82 dan 11.0. Sementara all-new Suzuki Ertiga 74 x 85 dengan rasio kompresi 10.5. Racikan tersebut membuat all-new Ertiga mendapatkan catatan tenaga total 103 hp di 6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm pada 4.400 rpm serta konsumsi BBM 18,09 km/l.

Kedua adalah Sasis Heartect. Suzuki mengatakan bahwa sasis baru ini dapat mempengaruhi performa dan efisien all-new Suzuki Ertiga. Meski kini dimensinya berbeda dengan model pertama, tapi Ertiga baru nyatanya lebih ringan.

“Ertiga yang sekarang kan memang kalau dilihat dimensinya lebih panjang. Dengan sasis yang lebih ringan ini. BBM all-new Ertiga lebih efisien sekitar 6 persen dari Ertiga sebelumnya dan rigiditasnya juga meningkat 10 persen,” tegas Totok Yulianto, 4W Service Section Head PT SIS.

Selain itu All-New Suzuki Ertiga kini memakai steering system VGR (variable gear ratio) rack & steering. Sistem kemudi ini akan memudahkan pengemudi all-new Ertiga ketika melahap tikungan karena radius putar setir lebih sedikit.

Kelebihan ketiga adalah Fitur safety. Penambahan fitur safety (keselamatan) baru juga memberikan nilai tambah. Pasalnya, Ertiga baru kini sudah disemati ESP (electronic stability program). Sistem kerjanya sudah terprogram untuk memberikan grip di keempat ban.

Tambahan lain adanya fitur Hill Hold Control (HHC). Kegunaan dari hal baru pada all-new Ertiga ini juga memudahkan pemilik ketika menemui kondisi jalan tanjakan dan menurun, terlebih saat situasinya sedang macet.

Secara keseluruhan, kedua fitur ini memudahkan bahkan bagi pengemudi baru sekalipun. Namun, catatannya adalah ESP dan HHC hanya bersifat membantu saja.

Satu lagi, kedua fitur ini juga hanya bisa ditemui pada varian tertinggi all-new Suzuki Ertiga bertransmisi otomatis.

Sementara di tipe lainnya, all-new Suzuki Ertiga sudah mendapatkan fitur ABS (anti-lock braking system) dan EBD (Electronic Brake Distribution).[Go/Res]

Ini Mobil yang Laku Kurang 5 Unit Pada Bulan April

Previous article

Zulmi Senang Lakukan Freestyle Ter-extreme

Next article

You may also like

More in Mobil

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *