Ultimate magazine theme for WordPress.

Yuk Mudik Lewat Jalur Pansela

GARDUOTO – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono promosikan Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa bisa menjadi alternatif para pemudik tahun 2018.

Jalan Pansela Jawa memiliki panjang 1.405 km yang membentang menyusuri garis tepi Pantai Selatan dari wilayah Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta hingga Jawa Timur.

“Jalur Pansela sudah bagus dari Banten sampai ke Yogyakarta, hanya sedikit di Kebumen ada ruas yang belum dilebarkan dan akan dikerjakan tahun ini. Selanjutnya dari Yogyakarta hingga Ponorogo, beberapa waktu lalu saya lewati, jalannya sudah cukup lebar,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, di Jakarta.

Para pemudik disuguhkan banyak destinasi wisatanya. Pemudik akan disuguhi pemandangan hamparan sawah, pegunungan dan pantai sekaligus menjadi spot foto yang bagus bagi pemudik.

Bukan hanya jalannya yang bagus namun juga obyek wisatanya. Namun untuk Pansela mulai Trenggalek – Tulung Agung – Malang hingga Banyuwangi sebagian belum tersambung.

Untuk obyek wisata Pantai di sepanjang jalur Pansela Jawa Tengah dan Yogyakarta terdapat sekitar 36 pantai diantaranya yang telah terkenal adalah Pantai Congot, Pantai Pandansimo, Pantai Glagah, Pantai Parangtritis dan Pantai Soge.

Salah satu ruas jalan Pansela yang rampung ditingkatkan adalah ruas Giriwoyo-Duwet sepanjang 23,7 km. Ini dilakukan dengan kontrak multiyears 2015-2017 melalui program Regional Road Development Project (RRDP) yang didanai oleh Islamic Development Bank (IDB) dengan nilai Rp 192 miliar.

Sementara progres pembangunan Jalur Pansela di Kabupaten lainnya yakni di Kab. Trenggalek sepanjang 78,85 km saat ini sudah aspal 25,50 km, Kab. Tulungagung dari 54,97 km sudah beraspal 11,59 km, Kab. Blitar dari 64,20 masih kondisi tanah, di Kab. Malang dari 137,33 km telah beraspal 101,10 km.

Di Kab. Lumajang dari 65,50 km telah beraspal 39,31 km, Kab. Jember dari 83,50 km telah beraspal 11,25 km dan Kab. Banyuwangi dari 106,10 km telah beraspal 71,20 km.

Pembangunan Jalur Pansela dilakukan secara bertahap dan ditargetkan bisa tersambung seluruhnya pada akhir tahun 2019.[Go/Res]

Leave A Reply

Your email address will not be published.