Ragam

Hari Ini Puncak Arus Libur Paskah

adp

GARDUOTO – Kendaraan yang akan melintas di Jalan Tol Jakarta Cikarang pada hari Minggu ini sebaiknya berhati-hati. Menurut PT Jasa Marga, terjadi arus balik libur paskah yang sudah dimulai sejak Sabtu kemarin. Hari Minggu ini adalah puncak arus balik.

Puncak arus balik libur Paskah akan terjadi hari Minggu ini (1/4). Diperkirakan oleh PT Jasa Marga akan ada 90 ribu kendaraan kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol Cikarang.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi perjalanan kembali ke Jakarta. Baik dari segi waktu maupun jalur alternatif yang dapat digunakan. Jasa Marga prediksi titik kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang akan terjadi adalah sebagai berikut :
– Simpang Susun Dawuan karena adanya arus lalin dari Cipali dan Purbaleunyi
– Rest Area Km 62
– Rest Area Km 52
– Km 47 karena adanya awal pekerjaan proyek Jakarta Cikampek II Elevated
– Rest Area Km 42
– GT Cikarang Utama

Untuk mengantisipasi kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, Jasa Marga akan melakukan sejumlah strategi diantaranya adalah :
– Optimalisasi kapasitas lajur dengan melakukan rekayasa lalu lintas contraflow berdasarkan diskresi Kepolisian
– Pengalihan lalin ke GT Cikarang Barat 2 dan 4 serta pengalihan lalin ke jalan arteri alternatif jika diperlukan berdasarkan diskresi Kepolisian
– Peningkatan kapasitas transaksi di Gerbang Tol dengan mengoperasikan 29 gardu di GT Cikarang Utama arah Jakarta (pemanfaatan gardu reversible dan portable)
– Penanganan kepadatan di rest area dengan melakukan pengaturan buka-tutup rest area Km 62, Km 52 dan Km 42 jika terjadi antrian kendaraan di rest area

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan tol untuk, berkendara dengan tertib, memastikan kendaraan dalam kondisi laik jalan. Pastikan kecukupan saldo dan melakukan top up uang elektronik sebelum memasuki tol. Untuk kenyamanan, Jasa Marga juga mengingatkan agar pengendara memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM). [Go/Oji]

Driver Uber Jadi Rebutan Grab dan Gojek

Previous article

Pertamina Berikan Bantuan Korban Kebakaran Kembangan Utara

Next article

You may also like

More in Ragam

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *