Bedah OtoMobil

Test Drive Mitsubishi Xpander Terjang Jalur Jogjakarta-Semarang

GARDUOTO – Terjawab sudah rasa penasaran yang selama ada pada mobil MPV keluaran Mitsubishi yaitu Xpander. Garduoto.com mendapatkan kesempatan mengexplor mobil tersebut selama 3 hari penjalanan dari Jogjakarta menuju Semarang, Kamis-Sabtu (8-10/03).

Mitsubishi Xpander sudah diperkenalkan sejak Agustus 2017 lalu namun PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru menggelar media test drive pada bulan Maret 2018 ini.

Unit yang kami coba pertama adalah Xpander Ultimate. Sebagai mobil keluarga, Xpander memiliki desain yang lapang dengan panjang 4.475 mm menggabungkan MPV stylish dan lega. Mobil ini memiliki tampilan SUV (sport utility vehicle) yang tangguh.

Xpander yang dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc dengan konfigurasi 4-silinder segaris, jumlah katup 16 valve DOHC, bisa dibilang sangat responsif di kelasnya.

Saat kami mulai menginjak gas, hentakan tenaganya sangat halus dan bertenaga. Perpindahan gigi dari putaran bawah sangat lembut.

Untuk itu kami membiarkan tuas transmisi pada posisi D agar bisa merasakan pergerakan perpindahan transmisi dari jalan datar sampai tanjakan.

Hasilnya kami merasakan perpindahan transmisi matic yang cukup halus dan sangat berbeda dengan kendaraan lain dikelasnya.

Yang paling membuat kaget adalah saat berada dibelakang kemudi, cukup ringan dan apabila kami menemui jalan berbelok hanya menggunakan tangan satu saja untuk mengendalikan kemudi.

Saat tanjakan juga kami tidak khawatir mobil akan turun sudah dilengkapi teknologi hill start assist yang membuat mobil berhenti sekitar 15 detik.

Kejutan lain yang diberikan Xpander adalah dari sektor suspensi yang terbilang sangat halus.

Saat kami melewati jalan yang kurang bagus dan berlobang, suspensi bisa menahannya dan tidak mengganggu kenyamanan kabin.

Padahal didalam Xpander terdapat 4 penumpang dari media lain tapi hasilnya masih sangat nyaman.

Xpander yang punya ground clearance cukup tinggi ini bisa meliuk lincah membelah jalur tapi penumpang tetap nyaman.

Pada saat memasuki tol Semarang, kami berkesempatan memacu mobil Xpander hingga 160 Km. Hebatnya mobil ini sama sekali tidak ada rasa limbung.

Kesimpulannya mobil ini sangat layak menjadi referensi, dengan sejumlah keunggulan dibanding kompetitor di kelasnya.[Go/Res]

 

Komunitas Honda PCX Sambut Premium Honda PCX

Previous article

Direksi Jasa Marga dilaporkan ke Mabes Polri Terkait Union Busting

Next article

You may also like

More in Bedah Oto

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *