Mencoba Dua Produk Baru Goodyear yang Terbukti Senyap

adp

GARDUOTO – Hari ini, PT Goodyear Indonesia Tbk melakukan pengujian dua produk baru mereka untuk lini Assurance yaitu Goodyear Assurance ComfortTred (ACT) untuk mobil Sedan, dan Assurance Maxguard SUV (AMG SUV). Pengujian ini dilakukan di Pusat Pendidikan Lalu Lintas (Pusdiklantas) BSD, Tangerang.

Ada tiga mobil yang kami pakai dalam pengujian ini, yakni Chery Tiggo 7 Pro, Hyundai Santa Fe diesel, dan All New Toyota Camry.

Untuk ukurannya, Chery Tiggo 7 Pro memiliki profil 225/60R18, Hyundai Santa Fe diesel 235/60R18 dengan ban Goodyear AMG SUV, dan All New Toyota Camry dipasangkan ban Goodyear ACT berprofil 215/55R17.

Meski diperuntukkan buat jenis kendaraan yang berbeda, namun Goodyear mengklaim bahwa dua produk baru mereka ini sama-sama memiliki kelebihan dalam hal kesenyapan. Maka itu, pada tes kali ini, kami menitikberatkan pada poin kesenyapan.

Apa yang dikatakan Goodyear ternyata bukan hanya sebatas isapan jempol belaka. Karena saat didengarkan dari luar pun, baik Goodyear AMG SUV ataupun ACT sama-sama menghasilkan suara gesekan ke aspal yang sangat minim, bahkan nyaris tak terdengar.

Goodyear AMG SUV punya grip yang sangat mantap bahkan untuk SUV yang cukup besar. Foto: Nugie

Kesenyapan ban Goodyear AMG SUV dan ACT juga terbukti saat kita mengendarai mobil. Suara gesekan ban ke jalan tidak masuk ke dalam kabin saat kita memacu mobil di jalan aspal dengan kecepatan di atas 80 km/jam. Karena kesenyapannya itu, membuat suara mesin jadi lebih terdengar ke dalam kabin ketimbang suara gesekan ban.

Di samping memiliki kesenyapan yang apik, Goodyear AMG SUV dan ACT juga memiliki traksi yang mantap. Itu terbukti saat kami membawanya melewati atau berhenti di jalan yang basah, ban tetap menapak sempurna dan tidak ada gejala selip.

Bahkan saat kami mencoba melakukan hard braking dengan Hyundai Santa Fe diesel yang merupakan mobil yang terbesar secara dimensi dan tenaga di pengetesan ini, Goodyear AMG SUV bisa menghentikan putaran roda High SUV ini dengan sigap dan tanpa selip.

Ternyata, performa optimal dari Goodyear AMG SUV dan ACT disebabkan oleh adanya teknologi. Pada Goodyear AMG SUV, ditanamkan teknologi 2-in-1, dengan Grip Protection untuk pengereman lebih pendek dan Impact Protection untuk menahan benturan di jalan.

Sementara Goodyear ACT, dilengkapi oleh lapisan ekstra yang dibuat menggunakan kompon berformulasi khusus, yang mampu penyerap kebisingan dan getaran saat ban menggelinding.

Setelah menjajal langsung performa Goodyear AMG SUV dan ACT yang ternyata memiliki banyak kelebihan, maka pantas rasanya kalau kedua varian ban ini dijual dengan harga mulai dari Rp 1 jutaan. (GO/Gie)

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here