Songsong Era Industri 4.0, Rexroth Kembangkan ctrlX Automation

adp

GARDUOTO – Saat ini, Indonesia sedang menuju industri 4.0. Adapun pengertian dari industri 4.0 ialah penerapan teknologi modern seperti teknologi fiber (fiber technology) dan sistem jaringan terintegrasi (integrated network) yang bekerja disetiap aktivitas ekonomi dari produksi hingga konsumsi.

Artinya, di dalam kegiatan industri 4.0, dibutuhkan banyak perangkat teknologi terkini untuk dapat menghasilkan sebuah barang dalam waktu yang lebih cepat, dan biaya yang lebih efisien.

Dalam implementasi Industri 4.0, automasi menjadi bagian krusial. Di sisi lain, penerapan sistem automasi masih dianggap rumit dan membutuhkan investasi yang besar.

Karenanya, penting untuk mengedepankan potensi digitalisasi dan jaringan pada sebuah proses manufaktur dengan mengombinasikan teknologi kontrol, teknologi informasi (TI) dan IoT secara komprehensif.

Untuk memenuhi tuntutan tersebut, Rexroth, anak perusahaan dari Bosch Indonesia, telah mengembangkan platform otomatisasi baru yang bernama ctrlX Automation, yang menggabungkan teknologi kontrol yang terautomasi, teknologi informasi, dan Internet of Things dalam sistem yang sepenuhnya terbuka.

“Ini namanya control X automation (ctrlX Automation). Ini hardware-nya kita sebut ctrlX Core, tapi ada automation platform di belakangnya, ctrlX platform,” papar Kristo Kenmart, Managing Director Bosch Rexroth Indonesia, di JIExpo Kemayoran, Kamis (1/12/2022).

Implementasi ctrlX Automation memungkinkan pabrik untuk menggunakan komponen yang lebih sedikit hingga 50%, proses engineering yang lebih cepat sampai 30%, dan peningkatan produktivitas yang mencapai 10%.

Dengan penggunaan komponen yang lebih cepat, tentu membuat biaya produksi ctrlX Automation menjadi lebih rendah, sehingga mengakibatkan harga jualnya menjadi lebih terjangkau. Sayangnya, pihak Rexroth tidak menyebutkan berapa harga dari perangkat terbarunya tersebut.

“Dari beberapa konsumen kami yang sudah memakai, mereka bilang kalau harga ctrlX Automation ini bagus. Dalam artian, harga yang dibayar sesuai dengan apa yang mereka dapat,” jelas Kristo.

Di sektor otomotif, Rexroth sudah dipercaya oleh tiga brand mobil, yang salah satunya merupakan merek premium. Adapun alat yang dipakai di pabriknya ialah Tightening, yang gunanya untuk mengencangkan baut pelek. (GO/Gie)

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here