Toyota bZ4X Akhirnya Diluncurkan, Harganya Rp 1 Miliar Lebih

adp

GARDUOTO – Toyota bZ4X akhirnya resmi diluncurkan di Indonesia. Peluncuran mobil battery electric vehicle (BEV) ini, dilakukan di Raffles Hotel, Jakarta Selatan, pada siang tadi.

“All New bZ4X menjadi pionir Battery EV Toyota sekaligus melengkapi line up kendaraan elektrifikasi di Indonesia yang terdiri dari teknologi Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV, dan Battery EV,” bilang Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Kamis (10/11/2022).

bZ4X dibangun dari basis Platform e-TNGA yang merupakan refinement dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Namun, dioptimalkan, dan didedikasikan untuk Battery Electric Vehicle.

Salah satu kelebihannya adalah unit baterai ramping terletak sepenuhnya di bawah lantai kendaraan sebagai bagian integral dari chassis sehingga membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan-belakang ideal, dan rigidity bodi tinggi.

Lithium-ion Battery di bZ4X mempunyai kapasitas 71,4 kWh yang sejak terisi penuh, baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

Interior Toyota bZ4X kental akan unsur futuristis. Foto: Nugie

Masuk ke dalam, tema interior mobil listrik berjenis SUV ini sangat terasa akan unsur futuristis, di mana model dasbor dan setirnya seperti sebuah mobil yang datang dari masa depan.

Dipadukan dengan layar sentuh berukuran 12,3 inci, yang terbesar di mobil Toyota dengan menu navigasi disertai fitur konektivitas lengkap ke smartphone. Pertama pada mobil listrik di Indonesia, terdapat pula fitur canggih Advanced Park yang dirancang untuk membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur tanpa perlu menggerakkan kemudi sedikitpun.

Tak ketinggalan, teknologi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 juga sudah ada pada bZ4X. Disematkan pula fitur telematika canggih T Intouch. Yaitu teknologi yang menghubungkan pengguna dan mobil dengan berbagai layanan mobilitas Toyota melalui mTOYOTA.

Untuk layanan aftersales-nya, Toyota juga sudah membekali bZ4X dengan T-CARE. Bagi pelanggan yang menggunakan Battery EV ini, sudah termasuk dalam program T-CARE yang merupakan program Gratis Biaya Servis (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis berkala ketujuh (maksimal tiga tahun/60 ribu kilometer, mana yang lebih dulu).

Ada tambahan benefit berupa extended warranty satu tahun/20 ribu km, jika pelanggan rutin melakukan servis tepat waktu sesuai rekomendasi TAM.  Benefit program ini dapat dinikmati di seluruh outlet resmi Toyota di Indonesia. Lebih jauh, TAM juga memberikan garansi baterai bZ4X selama delapan tahun atau 160 ribu km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

TAM hanya menghadirkan bZ4X dalam satu varian saja, yakni Front Wheel Drive (FWD) dengan panoramic roof, dan dibanderol seharga Rp 1.190 miliar on the road DKI Jakarta. (GO/Gie)

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here