Komersial

Dengan SCR dan AdBlue, Quester Euro 5 Bisa Bantu Tekan Polusi Udara

adp

GARDUOTO – Kemarin, PT UD Astra Motor Indonesia (UD AMI) menggelar talkshow yang membahas lebih lanjut mengenai sistem dan teknologi ramah lingkungan, yakni Selected Catalytic Reduction (SCR) yang menggunakan AdBlue yang dapat membantu menekan polusi udara yang hadir pada model terbaru armada UD Trucks Quester Euro 5.

Salah satu hal yang melatarbelakangi hadirnya UD Trucks Quester Euro 5 adalah semakin meningkatnya polusi udara di Indonesia dan ketegasan pemerintah dalam menurunkan tingkat pencemaran udara.

Hal itu tertuang melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia NOMOR P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, Kategori N.

“Selain kendaraan bertenaga lstrik, ada dua cara lain yang digunakan untuk menurunkan NOx. Cara pertama dengan menurunkan NOx gas buang yang keluar dari mesin dengan cara menyemprotkan cairan urea (AdBlue®) ke gas buang dengan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR).”

“Cara kedua dengan memasukkan kembali gas buang ke dalam mesin agar temperatur ruang bakar menurun yang selanjutnya akan menurunkan kadar NOx yang dikenal dengan istilah Exhaust Gas Recirculation (EGR),” bilang Ali Rachman, Head of Competence Development dari PT UD AMI, Kamis (18/8/2022).

Quester Euro 5 jadi bintang pameran dari UD Trucks. Foto: Dok UD Trucks

UD Trucks yang sebelumnya dikenal dengan merek Nissan Diesel adalah produsen truk pertama di dunia yang memperkenalkan system SCR dan AdBlue® secara komersial pada truk untuk mereduksi emisi gas buang di 2004. Teknologi ini mampu mereduksi emisi gas buang tanpa mengganggu mesin utamanya.

Lebih lanjut mengenai teknologi SCR, ini adalah sebuah proses pengendalian emisi gas buang yang dilakukan setelah pembakaran dari mesin dan beroperasi pada suhu pembakaran mesin yang optimal.

Suhu pembakaran mesin yang optimal menghasilkan efisiensi bahan bakar yang tinggi atau lebih hemat dan menghasilkan lebih banyak NOx dan sedikit PM (Particulate Matter) yang mana kelebihan NOx ini akan dikurangi oleh peran cairan AdBlue® ke gas buang.

AdBlue merupakan cairan yang digunakan untuk mengurangi NOx yang dihasilkan oleh mesin diesel. Konsumsi AdBlue® adalah 3-5% dari pemakaian solar, yang mana sekali pengisian AdBlue® setara dengan 4 kali pengisian solar penuh.

Dengan perhitungan bahwa kapasitas tangki bahan bakar Quester adalah 315 liter, sementara tangki AdBlue® berisi 50 liter, dan jika asumsi satu liter solar untuk 3 km, maka 1 liter AdBlue® bisa untuk menempuh 75 km.

Selain itu Quester Euro 5 juga dilengkapi dengan fasilitas jerigen cadangan AdBlue® berisi 10 liter atau cukup untuk 750 km sehingga tidak merepotkan pengemudi, aman, dan lebih efisien.

“Untuk mendukung agenda hijau pemerintah, tentunya usaha pengurangan emisi gas buang ini juga berkaitan dengan kebutuhan bahan bakar ramah lingkungan bagi kendaraan komersial.”

“Oleh karena itu, kami mendukung dan aktif melakukan sosialisasi akan penggunaan biodiesel sebagai bagian dari energi baru. Selain itu adanya teknologi-teknologi yang dihadirkan oleh ATPM layaknya yang telah di implementasikan oleh UD Trucks melalui unit Quester Euro 5 sangat berkontribusi besar pada proses pemeliharaan dan perbaikan lingkungan kita,” pungkas Paulus Tjakrawan, Wakil Ketua Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI). (GO/Gie)

Komunitas Honda Rayakan Hari Kemerdekaan dengan Upacara

Previous article

Bridgestone Pamerkan Prototype Lunar Rover Tire di GIIAS 2022

Next article

You may also like

More in Komersial

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *