Wahana Artha Group Genap Menginjak Usia 50 Tahun

adp

GARDUOTO – Kemarin, Wahana Artha Group (WAG) genap menginjak usia 50 tahun. Dalam memperingati ultah di usia emas ini, WAG mengusung tema Gift of Love.

Bukan hanya sekedar berbisnis, para pendiri WAG juga berprinsip sikap peduli menolong sesama juga jadi bagian penting bagi perusahaan yang dimulai pada 6 Agustus 1972 silam.

Komitmen berbagi terlihat jelas pada pendirian Yayasan Wahana Artha Group dengan fokus dibidang kesehatan, lingkungan, pendidikan serta pemberdayaan hingga peran aktif menjadi pelaku penjaga keseimbangan lingkungan hidup, dan Sustainability.

“Meneruskan budaya berbagi kepada sesama warisan pendiri, hingga kini kegiatan sosial adalah bagian penting Wahana Artha Group dengan beragam kegiatan berikan bantuan pada masyarakat yang membutuhkan,” jelas Robbyanto Budiman, Group CEO WAG, dalam keterangannya.

Terhitung sejak Januari 2017, Yayasan Wahana Artha telah lakukan beragam kegiatan sosial yang mampu menyentuh 500.000 penerima manfaat untuk dibidang kesehatan, lingkungan, pendidikan dan pemberdayaan.

Kesehatan sebagai salah satu fokus Yayasan Wahana Artha (YWA) diwujudkan dengan miliki fasilitas kesehatan, Rumah Sehat Wahana di Jatake, Tangerang. Klinik ini disediakan untuk masyarakat sekitar yang memiliki keterbatasan layanan kesehatan, dengan moto “Sehat Bagi Semua”.

Perayaan ulang tahun WAG yang ke-50 diadakan di Hotel Santika, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Foto: Dok Wahana

Selain klinik, tim Rumah Sehat Wahana sering lakukan kegiatan terjun langsung kewilayah masyarakat yang memiliki keterbatasan akses dan layanan kesehatan. Kegiatan donor darah juga rutin dilakukan di lingkungan Wahana.

Di bidang pendidikan, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang miliki 56 SMK Binaan. Selain kurikulum dan perlengkapan praktek, WMS berikan kesempatan luas bagi lulusan SMK untuk bergabung dengan jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang tersebar di Jakarta dan Tangerang.

Di samping membantu memberikan peluang kerja, WMS juga dukung 50 anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena covid dengan memberikan beasiswa sampai lulus SMA.

WAG juga mulai beralih menggunakan Energi Baru & Terbarukan (EBT) dengan melakukan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap. WAG bermitra dengan PT Xurya Daya Indonesia dalam pengadaan, instalasi hingga pemeliharaan sistem PLTS Atap. Kerjasama ini dimulai dengan Penandatanganan Kontrak Kerjasama untuk periode 10 tahun di lima lokasi sarana bisnis.

Saat ini, PLTS Atap telah beroperasi di tiga lokasi lini bisnis otomotif sepeda motor Honda yaitu Kantor Pusat WAG, Sentra Distribusi Jatake, Sentra Distribus Cimanggis 2. Dua lokasi bisnis Hospitality yakni Hotel Santika Radial Palembang dan Hotel Santika Banyuwangi dalam tahap persiapan beroperasi.

Selain beralih gunakan instalasi PLTS Atap, spirit menjalankan program Sustainability lainnya dengan kegiatan daur ulang botol plastik bekas oli, daur ulang sampah organic dan kebun hidroponik.

Selain itu, WAG juga mengolah lahan seluas 1000 meter persegi di Cipanas untuk program penghijauan. Hasil panen kebun tersebut digunakan untuk membuat nasi bungkus yang dibagikan kepada masyarakat kurang mampu.

Langkah peduli lingkungan tidak hanya diseriuskan pada level korporat, level terkecil seperti departmen juga diwajibkan memiliki program mendukung penjagaan lingkungan.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu anak usaha PT. Wahana Artha Ritelindo telah menghilangkan penggunaan kantong plastik biasa menjadi kantong plastik berbahan dasar jagung sehingga lebih ramah lingkungan.

“Komitmen kami ke depan akan tetap berikan layanan yang maksimal untuk konsumen, hadir tidak hanya sebagai group bisnis namun juga dapat berikan manfaat untuk orang banyak serta akan berperan aktif menjaga keberlangsungan lingkungan untuk generasi mendatang,“ tambah Robbyanto Budiman. (GO/Gie)

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here