First Ride Honda CB150X: Jagoan Perjalanan Jauh

adp

GARDUOTO – Pada akhir pekan lalu, kami diajak oleh PT Wahana Makmur Sejati (WMS) untuk melakukan turing dari Jakarta – Subang. Saat itu, kami kebagian sepeda motor Honda CB150X.

Perjalanan dimulai dari kantor Wahana di bilangan Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Dari sini, rombongan menuju Subang dengan rute Bekasi-Karawang-Purwakarta-Subang.

Selama perjalanan, kami menemui medan jalan yang beragam, mulai dari perkotaan yang lurus, hingga perbukitan yang berkelok. Beragam medan jalan tersebut bisa dilewati dengan nyaman karena Honda CB150X punya bantingan suspensi yang empuk.

Honda CB150X tetap stabil saat melewati jalan licin. Foto: Dok Wahana

Selain nyaman, beragam medan jalan yang kami temui juga bisa dilahap dengan mudah oleh Honda CB150X. Itu karena motor sport adventure ini punya akselerasi yang sangat baik.

Saat kami menggebernya di trek lurus, CB150X bisa mencapai kecepatan 100 km/jam dengan mudah. Bahkan, menggeber motor ini hingga gigi enam pun juga mudah untuk dilakukan.

Sedangkan saat melibas trek perbukitan yang berkelok dengan kemiringan yang cukup ekstrem, juga bisa dilewati tanpa masalah. Bahkan CB150X masih mampu melewati trek tersebut dengan posisi gigi tiga.

Kebetulan, hujan sempat turun di tengah perjalanan, yang praktis membuat permukaan jalan jadi licin. Namun, kondisi tersebut bukanlah masalah besar buat Honda CB150X.

Meski bodinya besar, CB150X tetap mudah dikendalikan. Foto: Ario Wibowo

Sebab, motor ini tetap stabil saat melewati permukaan jalan yang licin. Itu artinya, profil ban berdiameter 100/80 di depan dan 130/70 di belakang dengan ring 17 yang digunakannya sudah sesuai, dan memiliki grip yang baik.

Punya performa mumpuni dan tarikan yang kuat, tak membuat CB150X jadi boros BBM. Selama perjalanan dengan jarak tempuh pulang pergi sejauh lebih dari 300 km, kami hanya sekali saja mengisi bahan bakar.

Satu hal yang menjadi catatan kami untuk CB150X adalah lampu jauhnya. Saat diaktifkan, lampu jauhnya menyorot ke bawah. Tentu akan lebih baik rasanya jika lampu jauhnya menyorot ke depan atau lurus.

Setelah menghabiskan waktu dua hari bersama Honda CB150X, bisa kami katakan bahwa motor ini sangat cocok untuk dibawa melakukan perjalanan jauh atau turing.

Karena selain faktor performa dan kinerja suspensinya, CB150X punya posisi setang yang sangat pas, yang membuat rider merasa nyaman dan tidak pegal saat melakukan perjalanan jauh. (GO/Ario/Gie)

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here