Bedah OtoMobil

Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate: Pajero Sport Teraman

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate. Foto: Dok MMKSI

adp

GARDUOTO – Kita semua tahu bahwa Pajero Sport Dakar 4×2 merupakan varian terlaris dari Big SUV kebanggaan Mitsubishi ini. Tapi di atas varian Dakar 4×2, masih ada Dakar 4×2 Ultimate yang merupakan varian tertinggi dari Mitsubishi Pajero Sport.

Memikul status sebagai varian tertinggi, jelas bahwa Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate memiliki fitur yang lebih lengkap ketimbang Dakar 4×2. Bukan hanya fitur, terdapat pula beberapa detail yang membedakan antara varian termahal Pajero Sport 4×2 ini dengan tipe di bawahnya.

Lantas, fitur-fitur apa saja yang dimiliki oleh Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate, dan tidak ada pada Dakar 4×2, serta berapa banyak detail yang membedakan antara keduanya? Kita akan itu semua di artikel ini.

Logo Mitsubishi di Pajero Sport Dakar Ultimate 4×2 seperti dibalut material mika. Foto: Dok MMKSI

Pembeda di Eksterior Hanya pada Emblem dan Logo

Secara kasat mata, bisa dibilang tidak ada perbedaan yang sangat mencolok antara Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate dengan Dakar 4×2 di eksteriornya.

Meski begitu, tetap ada detail kecil yang membedakan antara keduanya di eksterior. Perbedaan tersebut hanya terletak pada emblem Ultimate di yang tertera di bagian bawah kanan pintu bagasi.

Satu lagi detail yang menjadi pembeda adalah pada logo tiga berliannya. Pada varian Ultimate, logo tersebut sepeti terbuat dari mika. Pemakaian material seperti itu dikarenakan di balik logo tersebut, tertanam sensor radar fitur keselamatannya. Selain dua hal tersebut, tidak ada lagi yang membedakan keduanya di eksterior.

Interior Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate berwarna krem. Foto: Dok MMKSIBeda Warna Interior

Jika di eksterior perbedaan detailnya terbilang sangat minim, di interior, perbedaannya justru terbilang cukup mencolok. Pasalnya, interior Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate dan Dakar 4×2 memiliki warna yang berbeda.

Interior Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate mengaplikasikan warna krem, dengan paduan hitam dan aksen silver di beberapa bagiannya. Bagi kami, aplikasi warna seperti ini membuat aura kabinnya terasa lebih mewah daripada Dakar 4×2 yang dominan hitam.

Namun, soal perbedaan warna kabin ini sebenarnya merupakan hal yang bersifat subjektif. Bagi yang menyukai kemewahan, pasti akan lebih suka dengan warna interior tipe Ultimate. Tapi untuk yang suka gaya sporti dan elegan, mungkin akan lebih cocok dengan warna interior Dakar 4×2.

Roof monitor jadi pengganti sunroof. Foto: Dok MMKSI

Sunroof Diganti Roof Monitor dan Power Tailgate

Jujur saja, sejak awal Mitsubishi menghadirkan Pajero Sport Dakar Ultimate, kami bingung dengan keputusan mereka yang malah menghilangkan sunroof untuk varian ini. Padahal, varian Dakar 4×2 punya sunroof sebagai standar.

Dengan absennya sunroof, Mitsubishi pun memasang roof monitor di bagian tengah plafon. Kami rasa, fitur roof monitor ini mungkin hanya akan berguna saat bepergian jauh bersama keluarga, dengan membawa anak-anak di dalammnya.

Seakan tak ingin mengecewakan konsumennya, Mitsubishi juga menghadirkan power tailgate sebagai kompensasi dari tiadanya sunroof. Selain fungsional, power tailgate pada Pajero Sport Ultimate ini juga terbilang cukup praktis, karena ia bisa dibuka melalui ayunan kaki atau remote.

Power tailgate-nya bisa dibuka melalui remote. Foto: Dok MMKSI

Fitur Keselamatan Melimpah

Inilah pembeda paling signifikan antara Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate dengan Dakar 4×2. Pajero Sport Dakar Ultimate punya seabrek fitur keselamatan yang tidak dimiliki oleh Dakar 4×2.

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate dibekali radar sensor yang berfungsi sebagai ‘otak’ dari sederet fitur keselamatan seperti Ultrasonic Missaceleration Mitigation System (UMS), Forward Collition Mitigation System (FCM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Warning (BSW) dengan Lane Change Assist (LCA).

Cruise control yang sudah ada di Dakar 4×2 disempurnakan lagi pada Dakar 4×2 Ultimate dengan adaptive cruise control, yang bisa menjaga kestabilan kecepatan mobil dan mengatur jarak di belakang mobil yang terdeteksi di depan.

Fitur ini juga membantu menambah dan mengurangi kecepatan tanpa perlu menginjak pedal gas atau rem, bahkan menghentikan mobil mengikuti mobil yang ada di depan kita.

Walau begitu, baik Dakar Ultimate dan Dakar biasa sama-sama dibekali fitur Hill Start Assist (HSA), tujuh buah airbag, serta kamera mundur. Tak ketinggalan, fitur Active Stability & Traction Control (ASC + TCL) serta Brake Assist (BA), tentunya sudah jadi standar pada Dakar 4×2 Ultimate.

Mesin yang digunakan mempunyai tenaga 179 dk dan torsi 430 Nm. Foto: Nugie

Rasa Berkendara Tak Ada Beda

Tidak banyak hal yang perlu kami ceritakan pada poin ini, karena memang tidak ada perbedaan rasa berkendara antara kedua varian SUV ladder frame jagoan Mitsubishi ini.

Itu karena keduanya sama-sama dibekali mesin berkode 4N15 yang berkapasitas 2.442 cc yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 179 dk dan torsi 430 Nm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis delapan percepatan.

Tetapi, dengan sederet fitur keselamatan yang dimilikinya, dan fitur-fiturnya pun juga bekerja dengan baik, maka ada perasaan lebih aman saat kita mengendarai Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate ini. Kinerja fitur keselamatan yang dimilikinya membuat kita jadi lebih waspada saat mengemudikannya.

Model instrument cluster-nya tentu sudah digital. Foto: Dok MMKSI

Kesimpulan

Kalau Anda berharap bisa mendapatkan kesan eksklusif dari Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate, mungkin Anda tak akan mendapatkan itu. Sebab secara tampilan, ia sama persis dengan varian Dakar 4×2 biasa.

Tapi kalau Anda menginginkan sebuah Mitsubishi Pajero Sport yang canggih dan punya fitur keselamatan yang lengkap, maka varian Dakar 4×2 Ultimate inilah jawabannya.

Saat ini, Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate dijual seharga Rp 649.8 juta. Sedangkan untuk varian Dakar 4×2, mempunya banderol Rp 600.2 juta. Itu adalah harga on the road untuk wilayah DKI Jakarta.

Kalau kita membandingkan harganya dengan fitur-fitur keselamatan yang dimiliki Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate, rasanya selisih harga yang hampir Rp 50 juta dengan Dakar 4×2 itu bisa dianggap jadi tidak seberapa.

Memang, fitur sunroof tidak ada pada Pajero Sport termahal ini. Tapi, fitur-fitur keselamatan yang ada di varian ini jauh lebih berguna untuk membantu keselamatan kita di jalan, ketimbang sunroof yang lebih sering digunakan untuk bergaya. (GO/Gie)

Harga New Toyota Dyna Mulai Rp 350 Jutaan

Previous article

Selama IIMS 2022, Suzuki XL7 Alpha FF Terjual Sebanyak Puluhan Unit

Next article

You may also like

More in Bedah Oto

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published.