Bedah Oto

Inilah Kunci yang Bikin Quester Bisa Minum Biosolar Walau Sudah Euro 5


adp

GARDUOTO – UD Trucks Quester Euro 5 sudah resmi dirilis di Indonesia pada Kamis (24/3/2022) lalu. Yang menjadi perhatian pada truk ini adalah, ia disebut tetap bisa minum Biosolar walau sudah berstandar Euro 5.

Hal ini menjadi menarik karena sejatinya, untuk kendaraan bermesin diesel modern yang sudah berstandar Euro 4 dan Euro 5, sewajarnya menggunakan bahan bakar solar dengan sulfur maksimal 50 ppm, atau setara Pertamina Dex (Pertadex).

Tentunya klaim UD Trucks terhadap Quester Euro 5 tetap aman untuk minum Biosolar bukanlah omong kosong belaka. Pasti ada sesuatu yang membuat truk heavy duty ini bisa tahan untuk meminum solar berkualitas rendah tersebut secara berkesinambungan.

Ternyata, menurut pemaparan dari Winarto Martono, Chief Executive Astra UD Trucks, Quester Euro 5 bisa minum Biosolar karena truk ini memakai teknologi SCR (Selective Catalytic Reduction).

Ada beberapa alasan yang membuat kita harus memilih teknologi SCR. Yang pertama, kalau hanya menghasilkan emisi gas buang Euro 4, sebenarnya cukup menggunakan sistem teknologi yang namanya EGR (Exhaust Gas Recirculation), itu untuk yang biasa menghasilkan Euro 4.”

Tangki Ad Blue terletak di tengah. Foto: Nugie

“Tetapi syarat menggunakan teknologi tersebut harus menggunakan BBM dengan sulfur maksimal 50 ppm, atau setara dengan Pertamina Dex. Hal itu akan menambah biaya BBM pagi pengusaha truk,” papar Winarto Martono, dalam Media Training and Test Drive Quester Euro 5 di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Pria yang biasa disapa Pak Win inu menambahkan, berbeda dengan EGR, sistem teknologi SCR bisa berbahan bakar Biodiesel B30 atau solar subsidi, dan masih tetap menghasilkan gas buang berstandar Euro 5.

“Saat ini Quester terbaru telah lulus pengujian emisi dari lembaga independen penguji dan dinyatakan nilai NOx yang dihasilkan dibawah ambang batas Euro 5, sehingga Quester memenuhi standar emisi Euro 5 walaupun menggunakan bahan bakar biosolar atau B30 atau  bahan bakar bersubsidi,” lanjut Pak Win.

Teknologi SCR ini menggunakan Ad Blue sebagai cairan untuk mengurangi kandungan NOx pada gas buang yang dihasilkan oleh mesin, sehingga sesuai standar Euro 5.

Penggunaan Ad Blue ini adalah sebesar 3-5% dari bahan bakar yang digunakan. Jika satu liter solar digunakan 3 km, maka satu liter Ad Blue dapat digunakan untuk 75 Km.

Pada umumnya, pengusaha truk menjalankan armadanya per bulan per unit sejauh 6000 km maka dibutuhkan asumsi solar sebanyak 2000 liter, maka penggunaan Ad Blue diperkirakan sebesar 80 liter atau senilai Rp 800 ribu per bulan.

Kemasan jirigen Ad Blue punya kapasitas 10 liter. Foto: Nugie

Kemasan Ad Blue ini menggunakan jirigen 10 liter, untuk setiap pembelian pertama Quester Euro 5 kami memberikan gratis kepada pelanggan kami sebanyak 800 liter yang akan dibagi dalam empat tahap pengiriman.”

“Perlu diketahui, tangki Ad Blue yang terdapat di Quester Euro 5 sebesar 50 liter, dan kami mengedukasi pelanggan untuk menyediakan satu jirigen Ad Blue untuk cadangan saat kondisi darurat di dalam kabin truk. Ad Blue ini bukan cairan yang berbahaya dan tidak mudah terbakar, jadi aman dalam penyimpanan,” terang Winarto.

Untuk mengontrol penggunaan Ad Blue, pengemudi dapat melihatnya di indikator Ad Blue yang sudah ada di dashboard truk seperti indikator bahan bakar pada umumnya.

Harga AdBlue di pasaran akan dibandrol sebesar Rp 10 ribu per liter, dan bisa didapatkan di seluruh jaringan market place Astra UD Trucks seperti Seva, Tokopedia, Shopee dan Blibli serta di seluruh jaringan outlet Astra UD Trucks di Indonesia.

Pada kesempatan ini, Astra UD Trucks juga meluncurkan paket penjualan spesial Quester Euro5 atau yang disebut Paket SUPER Euro 5, dimana setiap pembelian Quester sudah gratis AdBlue sebanyak 800 liter.

Ditambah lagi UD Telematics satu tahun dan free service 120.000 km atau tiga tahun dengan opsi dapat diperpanjang sampai dengan lima tahun dengan warranty 100.000 km atau satu tahun dan berhadiah berbagai jenis produk otomotif Astra Group mulai dari Truk, mobil, motor hingga paket umroh dan perjalanan yang didukung pembiayaan dari Astra Financing.

Quester Euro 5 hadir di Indonesia dengan berbagai tipe dan varian mulai dari 4×2 R, 4×2 TH, 6×2 R hingga 6×4 R dan 6×4 TH. (GO/Gie)

Menang di Amerika, Enea Bastianini Disanjung Habis Bos Federal Oil

Previous article

Hyundai Senang, Penjualannya di IIMS Tembus 1.500 Unit Lebih

Next article

You may also like

More in Bedah Oto

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published.