MobilMobil Baru

Toyota Land Cruiser dan Fortuner Baru Resmi Mengaspal

Momen peluncuran Toyota Land Cruiser dan Fortuner Baru. Foto: Dok TAM

adp

GARDUOTO – Sejak pekan lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah menginformasikan lewat undangan bahwa mereka akan meluncurkan Land Cruiser dan Fortuner baru. Sesuai janjinya, pagi tadi, Toyota merilis Land Cruiser dan Fortuner baru secara virtual.

Semua tentu sudah tahu kalau Land Cruiser dan Fortuner adalah SUV yang berbeda kelas. Land Cruiser adalah SUV termewah Toyota yang masuk ke segmen High Luxury, sementara Fortuner bermain di kelas Big SUV.

“Hari ini kami memperkenalkan tidak hanya satu, tetapi dua SUV baru, All New Land Cruiser dan New Fortuner. Kami berharap keduanya dapat semakin mendukung mobilitas masyarakat Indonesia,” kata Susumu Matsuda, President Director PT TAM, saat peluncuran virtual Land Cruiser dan Fortuner baru.

Ada dua tipe All New Land Cruiser yang dihadirkan Toyota untuk Indonesia, yakni VX-R yang tampilannya elegan, dan GR Sport yang mengusung nilai sporti. Tipe GR Sport juga merupakan yang termahal di jajaran All New Land Cruiser.

All New Toyota Land Cruiser GR Sport. Foto: Dok TAM

Terdapat Exclusive 70th Anniversary Emblem pada sisi samping-belakang bodi dan pada door scuff plate yang dilengkapi lampu iluminasi mewah. Termasuk di Floor Mat dengan aksen bordir senada yang di desain secara eksklusif, sebagai bentuk perayaan 70 tahun hadirnya Land Cruiser di 2021 lalu.

Pada tipe VX-R, mendapatkan tambahan Power Back Door with Kick Sensor. Selain itu, terdapat juga fitur New Digital Video Recorder, New Wireless Charger, New Rear Seat Entertainment serta Electronic Parking Brake with Brake Hold.

Di sektor dapur pacu, All New Land Cruiser mengadopsi mesin V6D-turbo berkubikasi 3.346 cc. Mesin berkode F33A-FTV ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 303 dk pada 4.000 rpm dan torsi raksasa 700 Nm yang sudah tersedia sejak putaran 1.600 – 2.600 rpm. Performa mesin bertenaga ini didukung oleh transmisi 10-speed Direct Shift.

Rancang bangun All New Land Cruiser juga sudah menggunakan platform TNGA-Di sektor kaki-kaki, generasi baru SUV legendaris Toyota ini memakai Double Wishbone di depan dan 4-link Coil Suspension di belakang. Untuk tipe GR Sport, memperoleh tambahan New Stability Control dan New Adaptive Variable Suspension.

Soal fitur keselamatan, All New Land Cruiser dibekali Anti-lock Braking System + Electronic Brake-force Distribution + Brake Assist dan 8-airbags. Fitur safety lainnya adalah Blind Spot Monitor (BSM), Vehicle Stability Control (VSC),
Hill-start Assist Control (HAC), dan Traction Control (TC). Khusus untuk kebutuhan off-road, tersedia juga fitur Downhill Assist Control (DAC), Crawl Control, Multi-Terrain Select (MTS), ditambah Tire Pressure Monitor (TPM).

Tidak berhenti di situ, semua varian All New Land Cruiser juga sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS), yang merupakan fitur keselamatan canggih andalan Toyota. Adapun sederet fitur yang terdapat di dalam TSS ini antara lain seperti Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Rear Camera Detection (RCD), Adaptive High-Beam System (AHS), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).

Toyota Fortuner 1GD GR Sport. Foto: Dok TAM

Beralih ke Fortuner, Big SUV jagoan Toyota ini sekarang punya pilihan mesin baru yang berkapasitas 2.755 cc, yang bertenaga 201 dk pada 3.000 – 4.000 rpm, dan torsi 500 Nm yang terbentang di putaran 1.600 – 2.800 rpm. Toyota Fortuner bermesin baru ini hanya ditawarkan dalam tipe GR Sport.

“Seiring waktu, kami terus meningkatkan performa Fortuner dengan menghadirkan mesin-mesin yang bertenaga.Mulai dari mesin bensin 2TR, lalu mesin diesel 2KD yang diteruskan dengan 2GD, hingga kini kami hadirkan pilihan mesin diesel baru yaitu 1GD yang menawarkan tenaga dan torsi yang lebih besar,” terang Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM.

Dengan output tenaga yang lebih besar 36% serta torsi lebih tinggi sekitar 25% dari mesin 2GD, Toyota mengklaim bahwa Fortuner dengan mesin berkode 1GD ini bisa menyelesaikan 0-100 km/jam dalam waktu 11,9 detik. Sedangkan untuk parameter 60-80 km/jam, ia bisa menuntaskannya dalam tempo 2,8 detik.

Khusus Fortuner 1GD 4×4, sudah dilengkapi dengan fitur Easy 4×4 Switch serta fitur Downhill Assist Control (DAC). Dengan hadirnya tipe flagship dan mesin baru ini, kini Fortuner memiliki delapan tipe, mulai dari 2.8 4×4 GR Sport A/T, 2.8 4×2 GR Sport A/T, 2.8 4×2 VRZ A/T, 2.7 4×2 GR Sport A/T, 2.4 4×2 GR Sport A/T, 2.4 4×2 VRZ A/T, 2.4 4×2 G A/T, dan 2.4 4×2 G M/T.

All New Land Cruiser dan New Fortuner juga dilengkapi dengan layanan purna jual yang memudahankan perawatannya. Sehingga pelanggan tidak perlu lagi memikirkan biaya servis berkala karena secara otomatis akan mendapatkan manfaat Program Gratis Biaya Servis Berkala (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis berkala keenam (maksimal empat tahun/ 50.000 kilometer) tergantung mana yang lebih tercapai. Benefit program ini dapat dinikmati di seluruh outlet resmi Toyota di Indonesia. (GO/Gie)

Mobil Terlaris Mercedes-Benz di 2021 Didominasi Model SUV

Previous article

Daftar Harga All New Toyota Land Cruiser dan Fortuner

Next article

You may also like

More in Mobil

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published.