Bedah OtoMobil

First Impression All New Honda City Sedan, Pilihan City yang Lebih Lega


GARDUOTO – Pasar Small Sedan yang kecil di Indonesia tak membuat Honda jadi meninggalkan kelas ini. Sebaliknya, Honda malah memasukkan All New City Sedan ke Indonesia.

All New City yang baru sebulan berada di Indonesia ini merupakan generasi keempat dari sedan terkecil Honda ini. Sama seperti pendahulunya, di kelasnya, All New City masih berhadapan dengan Toyota Vios.

Honda tampak ingin membuat City terbaru menjadi mobil yang mempunyai standar yang lebih tinggi di kelasnya. Maka itu, Honda membekali All New City dengan banyak fitur baru nan canggih.

Apa saja fitur-fitur baru yang diusung oleh All New Honda City sedan? Kita akan membahasnya satu per satu di artikel ini.

Eksterior All New Honda City Sedan lebih condong bergaya elegan. Foto: Nugie

Eksterior Condong Gaya Elegan

Jangan heran kalau All New Honda City Sedan mempunyai desain eksterior yang bisa dibilang identik dengan City Hatchback RS. Pasalnya, kedua mobil tersebut hanya dibedakan dengan jenisnya saja.

Di fascia depan, mulai dari gril, headlamp, hingga bumper, sama saja dengan Honda City Hatchback RS. Bedanya, gril City Sedan dilapis dengan krom, dan spionnya sewarna bodi. Pada City RS Hatchback, dua detail tersebut dilaburi dengan warna hitam.

Bergeser ke samping, bisa dibilang di sinilah letaknya perbedaan terbesar antara City Sedan dan Hatchback. Pastinya sudah jelas, kalau City sedan mempunyai dimensi yang lebih panjang dari hatchback, karena adanya ‘buntut’.

Lebih dari itu, perbedaan antara City sedan dan Hatchback di samping tidak hanya terletak pada panjang dan buntutnya. Masih ada beberapa detail lain yang menjadi pembeda dua model City ini, mulai dari spion sewarna bodi, pintu belakang yang lebih panjang, hingga pelek.

All New City Sedan memakai pelek berukuran 16 inci dengan warna silver. Foto: Nugie

Pelek yang dipakai City sedan berwarna silver dengan motif yang sama seperti pada model hatchback-nya dengan ban berukuran 185/55. Kami cukup terkejut saat melihat ban belakangnya, dimana kami melihat City sedan masih menggunakan rem belakang tromol.

Di bagian buritan, model keseluruhan lampu belakang City sedan sama dengan City Hatchback RS. Buritan City sedan tampak padat karena bagasinya relatif tinggi, namun tidak terlalu panjang.

Jika disimpulkan, eksterior All New Honda City sedan ini lebih condong ke gaya elegan, karena adanya beberapa detail krom dan aksen silver.

Mesin Identik dengan Model Hatchback

Rasanya kita tak perlu membahas panjang-lebar soal mesin All New City sedan. Sebab, mesin yang dipakainya sama persis dengan City Hatchback RS.

Mesin yang dipakai memiliki kapasitas murni sebesar 1.498 cc empat silinder segaris yang mempunyai tenaga sebesar 119 dk 6.600 rpm, dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm. Tenaga dan torsinya disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Interior All New City Sedan didominasi warna hitam. Foto: Nugie

Interior Dominan Warna Hitam

Desain interior All New Honda City sedan bisa dibilang sama persis dengan City Hatchback RS. Mulai dari dasbor, door trim, setir, kisi AC, semuanya tampak sama saja.

Yang membedakan interior City sedan dan City Hatchback RS adalah warna interiornya. Jika interior City Hatchback RS mendapatkan beberapa aksen kemerahan di beberapa bagian, pada City sedan, hampir semua detail kabinnya dibalut dengan warna hitam.

Pengaplikasian warna hitam yang dominan ini memberikan kesan yang segar dan elegan pada kabin All New City sedan. Berbeda dengan City Hatchback RS yang aura kabinnya lebih terasa sporti.

Sampai sini, kami masih merasa senang dengan kesan yang diberikan dari kabin All New Honda City sedan. Namun saat kami menyentuh beberapa bagian di kabinnnya, kembali kami dibuat terkejut.

Material plastik nyatanya cukup dominan di kabin All New City sedan. Mulai dari dasbor dan door trim, hampir semuanya menggunakan material plastik. Tapi, pemakaian bahan kulit di setir dan arm rest tengah, cukup untuk membuat kabin City sedan jadi tidak terkesan murahan.

Tersedia ventilasi AC belakang di balik konsol tengah. Foto: Nugie

Duduk Belakang Lega

Soal akomodasi bangku belakang, All New Honda City sedan lebih unggul daripada saudaranya yang bermodel hatchback. Karena ia mempunyai headroom yang lapang, dan legroom yang cukup melimpah.

Ketika kami duduk di belakang bangku pengemudi yang sudah posisinya sudah disesuaikan dengan postur kami yang setinggi 175 cm, kami mendapatkan legroom sebanyak lebih dari lima jari.

Di samping karena headroom yang memadai dan legroom yang lapang, hal lain yang membuat duduk di bangku belakang City sedan jadi terasa kian nyaman, disebabkan oleh joknya yang memiliki kemiringan yang rebah, yang memberikan rasa rileks.

Satu hal lagi yang menambah kenyamanan duduk di belakang City sedan yaitu adanya ventilasi AC di balik konsol tengah. Pengaturan suhu dan hembusan anginnya memang masih tergantung dari depan.

Meski demikian, setidaknya keberadaan ventilasi AC belakang ini sudah cukup untuk menjaga kenyamanan dan kesejukan penumpang belakang All New Honda City.

Remote Start Engine sudah jadi standar pada All New City Sedan. Foto: Nugie

Fitur Melimpah

Seperti yang kami sebutkan di awal tadi, Honda membekali All New City dengan banyak fitur baru nan canggih, yang membuatnya dapat dengan mudah mempermalukan rival terdekatnya.

Di eksterior bagian depan, Honda melengkapi City dengan Full LED Headlight with LED Daytime Running Light, LED Foglight, dan Door Mirror with LED Turning Signal.

Sementara pada bagian belakang, City juga dilengkapi dengan Rear Combi Lamp with LED Light Bars dan Shark Fin Antenna. Kemudian ada Heat Rejecting Green Tinted Glass yang berfungsi untuk mengurangi cahaya matahari yang masuk ke dalam kabin.

Masuk lagi ke kabinnya, terdapat tombol cruise control di setirnya, dan di baliknya ada paddle shift yang membuat kita dapat mengatur perpindahan gigi sendiri saat memasuki mode Sport.

All New City Sedan memakai head unit layar sentuh berukuran delapan inci dengan fitur multimedia yang lengkap. Foto: Nugie

Untuk hiburannya, City dipasangkan head unit layar sentuh berukuran delapan inci yang dilengkapi dengan bluetooth audio, AM/FM radio, hands-free telephone, dan smartphone connection. Sebagai pelengkap, City juga dilengkapi dengan delapan buah speaker yang ada pada kabin bagian depan dan belakang.

Masalah keselematan, City terbaru ini sudah disematkan G-CON + ACETM, Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), enam buah airbag, brake override system, seatbelt reminder dan ISOFIX & Tether.

Yang tak kalah penting, untuk kemudahan berkendara, City juga dibekali dengan Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan tiga tampilan, yaitu Normal View, Wide View, and Top View untuk membantu pengguna saat memarkir mobilnya. Satu hal lagi yang tak boleh dilupakan, City sedan juga sudah punya remote start engine.

Instrument cluster All New City Sedan cukup sederhana. Foto: Nugie

Cuma Punya Satu Varian

Kita tidak punya banyak pilihan jika ingin meminang All New Honda City, sebab, Honda hanya menghadirkan mobil ini dalam satu varian saja, yakni yang menggunakan transmisi CVT.

Biarpun hanya punya satu varian, tapi Honda menghadirkan tiga pilihan warna untuk City sedan, yaitu platinum white pearl, meteoroid gray metallic (yang tersedia mulai Maret 2022) dan crystal black pearl.

Harga yang ditawarkan Honda untuk All New City sedan adalah Rp 355 juta on the road wilayah Jabodetabek, dan juga estimasi BBN mobil pertama tahun 2021.

Lampu belakang All New City Sedan serupa dengan milik City Hatchback RS. Foto: Nugie

Kesimpulan

Tidak bisa kita pungkiri kalau apa yang ada di All New City sedan, juga ada di City Hatchback RS. Bahkan Honda City Hatchback RS mempunyai harga yang lebih terjangkau dari City sedan.

Kendati demikian, ada beberapa hal pada City sedan yang tak dimiliki oleh City Hatchback RS. Itu adalah soal kenyamanan dan kelegaan bangku belakangnya.

Kelegaan bangku belakang All New Honda City sedan terbilang impresif untuk mobil sekelasnya. Bahkan, kelegaan bangku belakangnya ini lebih baik dari All New Civic, yang notabene berada di kelas yang lebih tinggi.

Varian yang ditawarkannya memang hanya satu. Namun jika kita melihat segala fitur yang dimiliki serta kenyamanan dan kelegaannya, maka soal satu varian itu rasanya jadi tidak penting lagi. (GO/Gie)

Creta Dominasi Pemesanan Mobil Hyundai di GIIAS 2021

Previous article

Dua Varian Tertinggi Xenia Catatkan Penjualan yang Seimbang di GIIAS 2021

Next article

You may also like

More in Bedah Oto

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *