Bedah OtoMobil

First Impression All New Honda Civic RS, Semakin Berkarakter


GARDUOTO – Honda Civic generasi ke-11 sudah resmi mengaspal di Indonesia sejak 28 Oktober lalu. Pada generasi terbarunya ini, All New Honda Civic memakai nomenklatur RS di belakang namanya. Hal tersebut praktis membuat eksterior All New Honda Civic jadi kian sporti.

Selain punya desain eksterior yang kian sporti, All New Honda Civic RS ini juga semakin berkarakter karena ia mempunyai beberapa detail yang benar-benar baru dan tak dimiliki oleh mobil Honda lainnya.

Bukan cuma itu, Medium Sedan kebanggaan Honda ini juga semakin canggih karena ia sudah disematkan dengan beberapa teknologi baru, terutama yang menyangkut soal keamanan.

Pastinya Anda sudah penasaran dengan apa saja hal-hal baru yang diusung oleh sedan yang dijual seharga Rp 567 juta on the road DKI Jakarta ini bukan? Makanya, agar tidak penasaran lagi, bacalah artikel ini sampai habis.

Eksterior Civic RS cenderung mengotak dan banyak garis tegas. Foto: Nugie

Eksterior Lebih Mengotak

Seperti sudah menjadi sebuah kebiasaan saat mengalami pergantian model, Civic kembali mengalami ubahan desain yang drastis. All New Honda Civic RS mempunyai desain yang lebih mengotak, berbeda dengan pendahulunya yang lebih dinamis.

Meski demikian, eksterior Civic RS tetap kental akan aura sporti. Itu karena eksterior mobil ini memiliki banyak garis tegas yang selain menjaga nilai sporti, juga turur menghadirkan kesan yang maskulin dan berotot.

Di samping karena faktor desain, hal lain yang turut mendongkrak nilai sporti di eksterior Civic RS adalah karena terdapat cukup banyak detail berwarna hitam di hampir setiap bagian bodinya.

Di depan, detail yang dilaburi dengan warna hitam adalah gril, airdam, dan rumah foglamp. Pindah ke samping, ada pelek, spion, dan handle pintu, yang dicat warna hitam. Sementara di bagian buritan, satu-satunya detail yang dicat warna hitam hanyalah spoiler-nya saja.

Setelah memandanginya cukup lama, kami rasa desain Civic RS ini akan bisa diterima dengan baik oleh banyak orang. Sebab, ia mempunyai tongkrongan yang sporti dan maskulin.

Adanya beberapa detail berwarna hitam juga menjadikan eksteriornya jadi semakin agresif, dan membuatnya jadi tampak beda dari yang lain.

Mesin Honda Civic RS mengalami peningkatan sebanyak 5 dk. Foto: Nugie

Tenaga Mesin Meningkat

Mesin yang digunakan Honda Civic RS memiliki kapasitas dan konfigurasi yang sama seperti generasi sebelumnya. Namun, Civic RS mengalami peningkatan tenaga dan torsi.

Jantung pacu berkapasitas 1.498 cc empat silinder segaris VTEC turbo ini sekarang mampu menghasilkan tenaga sebesar 176 dk di 6.000 rpm, dan torsi 240 Nm yang sudah didapat sejak 1.700 hingga 4.500 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke roda depan dengan tetap mengandalkan transmisi CVT.

Biarpun tetap menggunakan penggerak dan transmisi yang sama, namun jika menilik spek di atas kertas, maka semestinya Civic RS mempunyai performa yang lebih kencang dari model yang digantikannya.

Itu bisa dilihat dari torsi maksimalnya yang sudah bisa diraih sejak putaran paling rendahnya sekalipun. Apalagi, torsi maksimalnya itu tetap bisa dirasakan hingga 4.500 rpm yang berarti, Civic RS bisa mencapai kecepatan yang tinggi dalam waktu yang lebih singkat, karena ia memiliki powerband yang luas.

Desain interior Honda Civic RS tampak minimalis dan berkelas. Foto: Nugie

Desain Interior Atraktif

Tak butuh waktu lama bagi kami untuk bisa merasa terkesan dengan interior Honda Civic RS. Sebab, desain interior mobil ini tampak atraktif dan jauh lebih segar daripada pendahulunya.

Dasbornya cenderung minimalis karena tak banyak lekukan tajam dan hanya berbentuk garis lurus dari bagian tengah hingga ke penumpang. Oleh karena itu, head unit-nya pun menganut model floating yang seakan ‘menggantung’ di atas bagian tengah dasbor.

Kami juga suka dengan model instrument cluster full digital yang dipakai oleh Civic RS yang bentuknya mirip seperti milik VW Tiguan, yang mana hal itu membuatnya jadi terkesan lebih mahal dan premium.

Kekaguman kami akan interior Honda Civic RS berlanjut saat melihat kisi AC-nya yang berbentuk persegi. Yang membuatnya jadi istimewa adalah karena lubang AC-nya menganut desain ala honeycomb, bukan garis-garis lurus seperti kebanyakan mobil pada umumnya.

Material yang digunakan pada interior Civic RS juga bukan yang sembarangan. Door trim dan dasbornya dibalut dengan material empuk, sementara jok, arm rest, setir, dan sandaran tangan di door trim, semuanya dilapis dengan kulit.

Kemudian, ada pula sentuhan ornamen piano black di area dasbor dan door trim. Bahkan, ornamen ala karbon pun juga terdapat pada area konsol tengah dan di tombol power window di masing-masing pintu.

Namun, tak bisa dihindarkan bahwa masih terdapat sedikit material plastik pada interior Civic RS. Meski demikian, hal itu bisa kami lupakan dengan sangat mudah berkat desain interiornya yang atraktif dan punya aura yang menyenangkan.

Kabin Honda Civic RS cukup akomodatif. Foto: Nugie

Akomodasi Cukupan

Sejak dulu, Honda Civic adalah sebuah sedan yang lebih berorientasi untuk kesenangan berkendara pengemudi. Makanya, akomodasi penumpang belakang Civic terbilang biasa saja.

Nilai tersebut masih dipertahankan pada Civic RS. Karena saat kami yang berpostur 176 cm duduk di belakang, kami hanya mendapat legroom sebanyak empat jari. Itu adalah legroom yang kami dapatkan setelah bangku pengemudinya kami atur dengan posisi berkendara ideal kami.

Kendati legroom-nya hanya tersisa empat jari, namun headroom-nya masih lebih dari lima jari, dan sandaran bangkunya pun cukup rebah. Dua hal itulah yang menunjang kenyamanan saat duduk di bangku belakang Civic RS.

Memiliki kelegaan kabin belakang yang biasa saja, nyatanya tak serta-merta membuat kapasitas bagasi Civic RS jadi ikut mengecil. Sebaliknya, mobil ini justru mempunyai volume bagasi yang luas.

Volume bagasinya luas karena ia memanjang, dan lantainya pun terbilang tinggi. Rupanya, lantai bagasi yang cukup tinggi itu dibuat supaya bagian bawahnya bisa menampung ban serep berukuran full size, alias sama seperti aslinya.

Komposisi bagasi yang seperti itu tentunya membuat kita bisa membawa lebih banyak barang berukuran besar, dan menaruhnya dengan mudah.

Honda Smart Key Card berukuran ringkas dan tipis. Foto: Nugie

Semakin Banyak Teknologi Canggih

Aneh rasanya jika semua ubahan yang dialami Civic RS tidak dibarengi dengan bertambahnya teknologi. Maka itu, Honda menanamkan cukup banyak teknologi baru yang tidak hanya membuat Civic RS jadi kian canggih, tapi juga makin aman.

AC yang digunakan sudah dual zone, sehingga penumpang depan bisa mengatur sendiri suhu yang diinginkannya. Sementara untuk AC di belakang konsol tengah, masih mengikuti suhu yang di depan.

Kemudian, terdapat Walk-Away Auto Lock yang akan mengunci pintu secara otomatis ketika pengendara berjalan sejauh minimal 1,5 meter dari kendaraan, serta Rear Seat Reminder yang akan memberikan informasi pada panel instrumen bahwa terdapat objek yang tertinggal di bagian belakang kabin apabila sebelumnya pengendara telah membuka pintu belakang.

Lanjut, untuk pertama kalinya pada jajaran mobil Honda dan di kelasnya, Honda Smart Key Card hadir sebagai alternatif pengganti remote control yang lebih ringkas dan seamless.

Kunci yang berbentuk seperti kartu yang tipis ini memungkinkan pengendara untuk dapat mengakses fitur-fitur seperti One Push Ignition System, Smart Entry System, serta Walk-Away Auto Lock. Atau bahasa umumnya, Honda Smart Key Card ini adalah kunci cadangan yang canggih dan berbentuk ringkas.

Kotak radar Honda SENSING terdapat di bawah logonya. Foto: Nugie

Teknologi keselamatan Honda SENSING juga sudah menjadi standar pada Honda Civic RS. Honda SENSING merupakan rangkaian teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan komprehensif bagi pengemudi dan penumpang dengan cara memberikan peringatan hingga secara otomatis mengambil tindakan untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

Fitur-fitur yang terkandung di dalam Honda SENSING pada Honda Civic RS meliputi Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control, (ACC) with Low Speed Follow, Auto-High Beam, serta Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Belum berhenti sampai di situ, Honda Civic RS juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan berstandar tinggi lainnya, seperti Honda LaneWatchTM yang memberikan pengemudi pandangan yang lebih luas dari area blind spot.

Ditunjang lagi dengan enam buah Airbag, struktur rangka G-CON+ACETM with side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal, Driver Attention Monitor dan Seatbelt Reminder untuk setiap baris tempat duduk.

Terakhir dan tidak kalah penting, Honda Civic RS juga sudah dilengkapi dengan mode berkendara. Ada tiga pilihan mode berkendara yang terdapat pada Civic RS, yakni eco, normal, dan sport.

Bagian buritan Honda Civic RS juga cenderung mengotak. Foto: Nugie

 

Kesimpulan

Impresi positif langsung kami rasakan saat melihat wujud Honda Civic RS secara langsung. Itu karena mobil ini mempunyai desain eksterior yang sporti dan maskulin, serta interiornya juga berkelas dan atraktif.

Banyaknya fitur dan teknologi baru yang diusung juga membuat Honda Civic RS seakan sudah selangkah lebih maju dari rival-rival sekelasnya. Pun demikian dengan tenaganya yang mengalami kenaikan juga membuatnya tetap menjadi pemain dengan tenaga yang terbesar di kelasnya.

Walaupun kami belum mencobanya, kami yakin bahwa Honda Civic RS mempunyai akselerasi yang lebih cepat dari sebelumnya, karena ia mempunyai tenaga dan torsi yang lebib tinggi dari sebelumnya, serta powerband yang luas.

Kembali ke soal harga, Honda Civic RS mempunyai banderol senilai Rp 567 juta on the road DKI Jakarta. Harga tersebut juga membuatnya menjadi mobil dengan banderol tertinggi di kelasnya. Untuk saat ini, tingginya harga Civic RS ini masih bisa kami maklumi.

Alasannya adalah karena kami melihat Honda mengkompensasi harga yang mahal tersebut dengan banyaknya fitur dan teknologi baru yang membuat Civic RS jadi kian canggih dan aman. (GO/Gie)

BMW Indonesia Jadi Official Mobility Partner GP Mandalika

Previous article

Wahana Ulik Teknologi Honda PCX Hybrid Lewat Webinar

Next article

You may also like

More in Bedah Oto

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *