Ragam

Goodyear Sematkan Sensor Pintar pada Ban Mobil Buatannya


GARDUOTO – Pengaplikasian Internet of Things (IoT) tak lagi hanya sebatas untuk pengembangan sistem operasi atau software. Bahkan, teknologi ini dengan cepat sudah merambah ke produk ban mobil.

Dengan menggunakan sensor pintar yang merupakan bagian dari IoT, ban mobil semakin terkoneksi dengan internet, menciptakan integrasi sistem ban pintar dengan beragam perangkat digital.

 Kegunaan penyematan sensor ke dalam ban mobil adalah untuk pengumpulan informasi penting seperti suhu jalan, traksi, juga akselerasi kendaraan dan tekanan ban. Sensor pintar dalam ban bekerja secara terus-menerus mengumpulkan data-data yang sulit dikumpulkan oleh pengemudi secara manual.

Sensor akan mengirimkan peringatan melalui indikator tertentu (biasanya kedipan lampu) dan mengirimkan umpan balik kepada sistem pemeliharaan armada melalui telematika. Informasi tersebut kemudian menjadi acuan bagi teknisi untuk melakukan perbaikan maupun penggantian berkala terhadap ban mobil.

 Produsen ban yang akan menyematkan sensor pada produknya adalah Goodyear. Brand asal Amerika Serikat ini masih terus menguji beberapa ban purwarupa yang bisa terhubung secara ekstensif dengan berbagai perangkat dari pihak yang terkait. Penggunaan sensor mulai masuk pada beberapa konsep produk yang telah dikembangkan oleh Goodyear.

Contohnya adalah Eagle 360 Urban. Konsep produk ini menerapkan pendekatan yang sama dengan ban bundar (spherical) yang dicetak 3D dengan polimer super-elastis dan disematkan dengan sensor yang mengirim data jalan dan ban kembali ke panel control.

 Dimana data tersebut kemudian diubah menjadi desain tapak yang akan merespons kondisi jalan terkini dengan cepat dan berbagi info kondisi dalam jaringan lebih luas.

Sementara itu dalam ban konsep 3D Oxygene, lumut hidup dan fotosintesis digunakan untuk memberi daya pada elektroniknya. Listrik yang dihasilkan sendiri ini akan menggerakkan sensor yang terpasang, unit pemrosesan kecerdasan buatan, serta strip lampu yang menyala saat pengemudi mengerem atau mengubah jalur.

Lantaran masih berupa konsep, makanya ban pintar bersensor dari Goodyear ini masih belum tersedia untuk konsumen. Alhasil, kita masih harus bersabar untuk bisa memakai ban berteknologi canggih ini. (GO/Gie)

Tak Ikut GIIAS, Mercedes-Benz Bakal Bikin Pameran Sendiri

Previous article

Untuk Pertama Kalinya, Dry Box Honeycomb Hadir di Indonesia

Next article

You may also like

More in Ragam

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *