MobilMobil Baru

Toyota Avanza Terbaru Tetap Punya Dua Pilihan Mesin


GARDUOTO – Selain wujud fascia depan, masih ada lagi beberapa hal yang bocor mengenai Toyota Avanza terbaru. Salah satunya adalah soal pilihan mesin yang akan diusungnya.

Masih sama seperti para pendahulunya, Toyota Avanza terbaru tetap hadir dalam dua pilihan mesin, yakni 1.300 cc dan 1.500 cc. Itu artinya, generasi ketiga Avanza ini bakal mempunyai pilihan varian yang banyak.

Soal Avanza baru yang memiliki dua pilihan mesin, diketahui dari dokumen Permendagri No. 40 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Dalam dokumen tersebut, bisa dilihat bahwa Toyota Avanza yang bermesin 1.300 cc hanya tersedia dalam pilihan varian E saja. Kemudian, varian E ini terpecah lagi ke dalam pilihan transmisi manual dan CVT.

Lalu varian G yang merupakan tipe terlarisnya, naik kelas dengan mengusung mesin 1.500 cc. Ya, pada generasi barunya, Avanza G tidak lagi memakai mesin berkapasitas 1.300 cc seperti yang sudah dilakukan Toyota sejak 17 tahun silam.

Belum diketahui apakah mesin yang diadopsi Avanza baru ini adalah jenis yang sama dengan yang dipakai sekarang, atau baru. Begitu juga dengan output tenaga dan torsinya, masih belum diketahui berapa angkanya.

Sekadar mengingatkan lagi, mesin 1.3 L yang dipakai oleh Toyota Avanza saat ini memiliki kapasitas silinder murni sebesar 1.329 cc, DOHC, dual VVT-i. Mesin tersebut mempunyai tenaga sebesar 96.5 dk di 6.000 rpm, dan torsi 123 Nm pada 4.200 rpm.

Sedangkan untuk yang 1.5 L, kubikasi yang sebenarnya adalah sebesar 1.496 cc empat silinder, DOHC, dual VVT-i, yang mempunyai output tenaga sebesar 104 dk di 6.000 rpm, dan torsi 139 Nm pada 4.200 rpm. (GO/Gie)

Bocoran Wajah Toyota Avanza Terbaru, Tampak Mirip Raize

Previous article

Wahana Ajak Komunitas Sport Honda untuk Riding dan Camping

Next article

You may also like

More in Mobil

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *