Komersial

Dua Truk Baru Andalan Volvo Resmi Mengaspal di Indonesia


GARDUOTO – Pada Selasa (21/9/2021) kemarin, Volvo Trucks Indonesia bersama dengan PT Wahana Inti Selaras meluncurkan dua truk baru andalan mereka, yakni FH16 dan FMX.

Dua truk tersebut mengalami pembaruan di tampilan eksterior, interior, fitur penunjang berkendara dan keselamatan, hingga kapasitas angkut yang lebih besar dari sebelumnya.

“Mulai dari three-point seat belt sampai teknologi yang lebih lanjut, Volvo Trucks terus meningkatkan kualitas produknya sesuai dengan core value dari Volvo Trucks yaitu quality, safety, dan environmental care,” Ujar Bambang Prijono, Direktur PT Wahana Inti Selaras, yang dilansir dari keterangan resminya.

Pada eksterior FH16 dan FMX, ada ubahan pada gril menjadi yang jadi bermodel honeycomb yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi udara yang mampu mendinginkan mesin secara optimal.

Selain itu, lampu depannya kini berbentuk V-Shape yang berfungsi untuk meningkatkan daya pandang pengemudi dan kendaraan dari arah berlawanan. Pada footstep juga terdapat perubahan dengan menggunakan material anti-slip untuk keamanan pengemudi yang akan naik dan turun dari kabin truk.

Peningkatan lain terdapat pada front axle yang mengalami peningkatan kapasitas dari sembilan menjadi sepuluh ton. Pada rear axle terdapat peningkatan dari 32 ton menjadi 38 ton yang memungkinkan untuk mengangkut beban lebih dari 285 ton dalam sekali berkendara.

Kemudian ada lagi peningkatan lain dari vessel dari yang sebelumnya 35m3 menjadi 45m3 yang menjadi peningkatan signifikan tidak hanya kapasitas melainkan dari volume.

“Meningkatnya kualitas Volvo Trucks ini tidak hanya dari segi kapasitas berat, tapi juga peningkatan volume. Ini ditujukan untuk meningkatkan produktivitas karena truk ini banyak yang bekerja di area pertambangan untuk mengangkut batubara,” Ujar Pantas Sihombing, Direktur PT Eka Dharma Jaya Sakti.

Di interior, fitur utama yang ditingkatkan adalah instrument cluster digital yang berisi berbagai informasi untuk pengemudi seperti konsumsi bahan bakar, tekanan udara, navigasi, dan lainnya.

Lingkar kemudi yang digunakan juga telah dilengkapi mode tilt dan telescopic, serta pengaturan neck tilting yang tidak hanya mengatur tinggi atau jarak, pengemudi juga bisa mengatur sudut kemudi setirnya.

Seperti halnya mobil penumpang modern, Volvo FH16 dan FMX baru juga mempunyai pilihan mode berkendara. Ada lima mode berkendara yang terdapat pada dua truk ini, mulai dari efficiency, standard, heavy load, off-road, dan uphill.

Tombol kontrol traksi kini berbentuk knob putar, tidak lagi dengan berbagai tombol seperti model sebelumnya. Selain itu, pengaturan spion juga dibuat elektrik dan jendelanya pun sudah power window.

Kabin truk juga dibuat lebih kedap hingga 20%, ditambah area blindspot pengemudi juga dibuat lebih kecil untuk meminimalisasi kemungkinan pengemudi tidak melihat kondisi di sekitarnya.

“Kontribusi Volvo Trucks sangat tinggi untuk kenyamanan dan keamanan pengemudi termasuk perkembangan teknologinya, karena pengemudi yang lebih fokus akan meningkatkan kualitas pekerjaan dengan lebih optimal,” Jelas Eka Lovyan, Chief Operating Officer PT Indotruck Utama. (GO/Gie)

XL7 Jadi Mobil Suzuki Terlaris di Agustus

Previous article

Mobil Konsep Mercedes-Benz Bisa Dikendalikan dengan Pikiran

Next article

You may also like

More in Komersial

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *