MobilMobil Baru

BMW Hadirkan M5 Competition, Harganya Rp 5 Miliar Lebih


GARDUOTO – BMW Indonesia rupanya belum selesai dengan jajaran M-nya. Setelah meluncurkan M3 dan M4 Competition secara berbarengan pada Juli lalu, kemarin, BMW Group Indonesia menghadirkan M5 Competition.

Menyandang status sebagai varian BMW M Competition, sudah pasti M5 Competition memiliki performa yang tidak main-main. Berbekal mesin berkapasitas 4.395 cc V8, mobil ini sanggup memuntahkan tenaga sebesar 625 dk di 6.000 rpm, dan torsi 750 Nm yang terbentang dari 1.800 – 5.860 rpm.

Tenaga dan torsi yang besar itu disalurkan ke semua rodanya melalui transmisi otomatis delapan percepatan M steptronic. Menurut klaim BMW, semua perpaduan tersebut membuat 5 Series terbuas ini bisa menyelesaikan 0-100 km/jam dalam 3.4 detik.

“The New M5 diperkenalkan di Indonesia dalam varian tertingginya, yaitu BMW M5 Competition. Dengan mesin V8 yang mengeluarkan tenaga hingga 625 dk dan torsi hingga 750 Nm, suspensi dari BMW M8 Gran Coupé, penyegaran pada desain yang terintegrasi dengan teknologi driving assistance terbaru.”

“Hingga sistem operasi iDrive 7.0 yang semakin intuitif, dan menawarkan konektivitas yang seamless dengan wireless Apple CarPlay,” papar Jodie Otania, Director of Communications BMW Indonesia, dalam sesi konferensi virtual, Jumat (17/9/2021).

BMW M5 Competition memakai mesin V8 berkapasitas 4.395 cc. Foto: BMW Indonesia

Untuk mengimbangi performanya yang buas, tentunya BMW sadar kalau mereka juga harus membuat tampilan eksterior The New M5 ini jadi tampak sporti dan kekar.

Seperti pada jajaran BMW Seri 5 terbaru, M-specific kidney grille BMW yang diperbarui turun lebih jauh ke apron depan dan menjadi satu bagian desain yang membingkai kedua grill kanan dan kiri.

Garis grill BMW M-specific dan M5 Competition badge menyatu dengan sangat baik pada gril ini. Apron depan memiliki kontur yang lebih berani dan memberikan saluran masuk udara yang lebih besar di samping, sedangkan air-flow bagian tengah berbentuk heksagonal dan dilengkapi dengan pendingin oli dan sensor radar untuk sistem Active Cruise Control (ACC).

Di sektor penerangan, opsi lampu BMW Individual Shadowline menambahkan aksen warna gelap pada LED matrix Headlights dan BMW Laserlight membuatnya semakin sporty.

M5 Competition terbaru juga hadir dengan detail styling hitam. BMW M-specific kidney grille, M gills yang khas, tutup kaca spion luar dan spoiler belakang semuanya memiliki lapisan High-gloss Black.

Badge BMW M5 Competition berwarna Hitam menghiasi BMW M-specific kidney grille, BMW M gills dan bagasi, sedangkan M5 Competition door sills dapat menyala dengan sangat terang. Kelengkapan ini ditutup dengan BMW M Sport exhaust system dalam warna Black Chrome.

Pelanggan The New M5 mendapat pilihan dua cat baru, yakni Brands Hatch Grey dan Motegi Red metallic, diluar pilihan standar seperti Alpine White, Black Saphire, Marina Bay Blue, Donington Grey Metallic, dan Bluestone Metallic.

BMW M5 Competition memakai pelek berukuran 20 inci. Foto: BMW Indonesia

Opsi velg kini juga mencakup desain yang baru, yaitu M light alloy wheels Y-spoke style 789 M, forged wheel, Bicolour, Jet Black, burnished with mixed tyres dengan ukuran 20 inci.

Masuk ke kabinnya, The New M5 mengusung konsep operasi baru dan tampilan central console yang lebih besar dengan penampang 12,3 inci, membuat kabin BMW M5 Competition lebih berfokus pada pengemudi.

Hal ini semakin memudahkan pengemudi untuk mengawasi dengan jelas berbagai fungsi yang terkait dengan sistem dinamika berkendara dan penggerak BMW M xDrive.

Dua tombol baru di konsol tengah  seperti yang ditemukan di BMW M8 memberikan akses lebih langsung ke pengaturan sistem dan berbagai pembacaan di kluster instrumen dan Head-Up Display. Cukup dengan menekan tombol M Mode, pengemudi dapat beralih dengan cepat antara pengaturan ROAD dan SPORT.

Dalam pengaturan ROAD default, semua sistem bantuan pengemudi standar dan opsional diaktifkan sepenuhnya. Mode SPORT juga mengalihkan kluster instrumen dan Head-Up Display ke moda BMW M-specific.

Kabin The New M5 mempunyai orientasi ke pengemudi. Foto: BMW Indonesia

Bukan BMW M namanya jika tidak bisa digeber di sirkuit. Maka itu, BMW menghadirkan mode TRACK pada The New M5. Cara mengaktifkannya pun mudahz yakni menekan tombol M Mode dan mengonfirmasi prompt di layar tengah.

Mode ini dirancang khusus untuk digunakan di sirkuit balap dan menonaktifkan semua fungsi kenyamanan dan keselamatan sistem bantuan pengemudi. Untuk lebih memfokuskan perhatian pengemudi pada jalan di depan, sistem audio juga dimatikan dan tampilan pusat dimatikan.

 Aktivasi ini juga sangat membatasi restriksi sistem bantuan pengemudi, seperti lampu peringatan bahaya sebagai respons terhadap pengereman darurat ditekan dan sistem peringatan tabrakan juga dinonaktifkan. Menekan tombol Mode M sekali lagi akan keluar dari mode TRACK dan kembali ke pengaturan ROAD.

Tenaga yang besar dan handling yang tajam akan jadi sia-sia jika tidak dibarengi dengan pengereman yang apik. Demi menciptakan pengereman yang cepat dan mantap, The New M5 dipasangkan BMW M Carbon ceramic brakes sebagai standar.

Unit BMW M5 Competition terbaru akan tersedia di Indonesia, dijual oleh Diler Resmi BMW M mulai 17 September 2021 dengan harga Rp 4.789.000.000,- (off-the-road), atau harga on the road-nya berkisar di angka Rp 5.2 – Rp 5.3 miliar.

Harga tersebut sudah termasuk BMW Service Inclusive, sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama lima tahun atau 60.000 km, mana saja yang lebih dulu, dan juga mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh.

Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama dua tahun, yang mencakup 100% biaya penggantian hingga empat ban selama periode garansi. 

Ini termasuk biaya ban dan tenaga kerja, selain mencakup kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, ban pecah dan robek, serta kerusakan yang diakibatkan oleh kendaraan yang terus melaju dengan ban kempes. (GO/Gie)

Diam-diam, Daihatsu Tambahkan Fitur Baru untuk Terios

Previous article

Goodyear dan Plus Berkolaborasi untuk Truk Otonom

Next article

You may also like

More in Mobil

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *