Bedah OtoMobil

First Drive New MG ZS, Rasanya Cukup Mengejutkan


GARDUOTO – New MG ZS baru saja diluncurkan secara virtual pada Kamis (9/9/2021) kemarin. Tak butuh waktu lama setelah peluncurannya, kamipun mendapat kesempatan untuk melakukan first drive New MG ZS.

Untungnya, kami diizinkan buat melakukan first drive New MG ZS untuk mengelilingi sebagian daerah Jakarta Selatan. Maka itu, kami bisa mengeskplor cukup banyak hal yang dimiliki oleh ZS baru ini.

Sebelum kami menceritakan rasa berkendaranya, pertama-tama kami ingin bilang bahwa ada rasa mahal saat kita membuka pintu ZS baru. Pasalnya, pintunya terasa cukup berat, dan saat ditutup, bunyinya pun terdengar cukup padat.

Instrument cluster full digital MG ZS menampilkan informasi yang lengkap. Foto: Nugie

Setelah disambut oleh rasa mahal dari pintunya, kemudian kami dibuat cukup terkesima dengan instrument cluster barunya. Bukan hanya sudah full digital, tapi saat dinyalakan, instrument cluster-nya menampilkan animasi yang keren.

Belum berhenti sampai di situ, instrument cluster baru milik Compact Crossover andalan MG ini juga menampilkan informasi yang lengkap, seperti kecepatan rata-rata, konsumsi BBM rata-rata, sisa jarak tempuh, hingga tekanan angin.

Selesai mengulik instrument cluster barunya, kamipun bersiap untuk jalan, dan mengatur posisi berkendara. Pengaturan jok MG ZS baru memang sudah elektrik, namun sayangnya, setirnya hanya bisa diatur naik-turun (tilt). Kelar mengatur posisi mengemudi, kamipun akhirnya menjalankan New MG ZS.

MG ZS baru masih menggunakan mesin yang sama seperti sebelumnya, yakni berkubikasi 1.5 L empat silinder naturally aspirated yang bertenaga 112 dk di 6.000 rpm, dan torsi 150 Nm pada 4.500 rpm.

New MG ZS kini memakai transmisi CVT. Foto: Nugie

Mesin tersebut kini dikawinkan dengan transmisi CVT, bukan lagi otomatis konvensional empat percepatan. Lalu, seperti apa rasanya MG ZS setelah dipasangkan transmisi CVT.

Saat menginjak gas dari mobil diam, baik itu ketika mesin baru dinyalakan atau dalam kondisi lalu lintas stop and go, respons gasnya terasa berat, dan mobilpun berjalan agak lambat.

Tapi ketika sudah mencapai kecepatan menengah, respons gasnya terasa normal, yang membuatnya jadi cukup responsif saat kita melakukan kickdown atau ingin berakselerasi lebih cepat.

Dari samping, New MG ZS tampak segar dengan pelek baru. Foto: Nugie

Lantas saat ZS baru digeber di kecepatan tinggi, muntahan tenaganya mengalir dengan halus tanpa ada hentakan ataupun gejala seperti putaran mesin yang tertahan. Karakter ini membuat kita jadi bisa melakukan overtake dengan mudah.

Sampai sini, kami menilai bahwa MG ZS anyar punya performa mesin yang cukup, apalagi jika hanya sebatas untuk pemakaian dalam kota. Tapi, bagaimana dengan bantingan suspensinya?.

Suspensi MG ZS baru bisa dibilang masuk ke dalam taraf pas, tidak keras, dan tidak terlalu empuk. Dengan racikan suspensi seperti itu, mobil ini tetap terasa stabil dan nyaman saat dibawa berjalan di permukaan aspal.

Lalu jika kita melewati jalan yang bumpy atau kurang mulus, suspensinya mampu meredam guncangan dengan cukup baik, sehingga penumpang tetap nyaman dan tidak merasa seperti terguncang.

Interior New MG ZS kedapatan cukup banyak detail baru. Foto: Nugie

Satu hal yang menjadi catatan kami dari first drive New MG ZS ini adalah, ia punya radius putar yang besar. Jika belum terbiasa dengan karakter ZS baru, dapat dipastikan besarnya radius putar ini akan cukup merepotkan pengemudi saat melakukan parkir dan putar balik.

Sebenarnya kami mengeksplor cukup banyak hal dari ZS baru ini. Namun karena kondisi pengetesan kemarin masih agak kurang kondusif, jadi kami belum bisa menjabarkan lebih banyak hal mengenai mobil ini.

Untuk mengetahui secara lengkap mengenai MG ZS baru, seperti tentang performa, perbedaan di tiap mode berkendara, akomodasi, fitur-fitur baru, dan konsumsi BBM, tentunya kita harus melakukan pengetesan lengkap.

Namun sebelum kita melakukan pengetesan lengkap, kita akan lebih dulu tahu soal berapa harga MG ZS terbaru. Karena MG akan mengumumkan harga mobil ini besok. So, stay tune with us. (GO/Gie)

Virtual Expo Honda Digelar Mulai Hari Ini

Previous article

Gran Max Pick-up Masih Jadi Tulang Punggung Daihatsu

Next article

You may also like

More in Bedah Oto

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *