MobilMobil Baru

Intip Sedikit Spesifikasi S-Presso, Calon City Car Baru Suzuki di Indonesia


GARDUOTO – Sadar atau tidak, selama 2021 berjalan, Suzuki masih belum meluncurkan satupun mobil baru di Indonesia. Tapi tidak lama lagi, pabrikan berlogo ‘S’ ini akan meluncurkan mobil baru di Indonesia.

Mobil baru Suzuki yang tak lama lagi akan mendarat di Indonesia adalah S-Presso. Secara dimensi, Suzuki S-Presso tidak lebih besar daripada Karimun Wagon R dan Ignis. Itu artinya, S-Presso dapat dikategorikan sebagai City Car.

Kehadiran S-Presso di Indonesia tidak lagi hanya sebatas spekulasi belaka, karena mobil ini terpantau sudah ada di situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhumham) dengan nomor permohonan DID2021020609.

Besar kemungkinan kalau Suzuki S-Presso akan masuk ke Indonesia dengan status Completely Built-Up (CBU) dari India. Dengan begitu, semestinya tidak akan ada perbedaan teknis antara s-Presso di India dengan yang nanti akan masuk ke Indonesia.

Di sektor teknis, S-Presso dibekali mesin 1.000 cc tiga silinder naturally aspirated yang bertenaga 66 dk dan torsi 90 Nm. Setelah ditelisik, ternyata Keluaran tenaga dan torsi S-Presso identik seperti Karimun Wagon R. Ini tak mengherankan karena S-Presso mempunyai basis yang sama dengan Karimun Wagon R.

Selain mesin, penggerak dan pilihan transmisi S-Presso pun juga sama seperti Karimun Wagon R, yakni berpenggerak depan dengan transmisi manual lima percepatan atau Automated Gear Shift (AGS).

Beralih ke fitur, S-Presso dikabarkan akan dilengkapi dengan dua buah airbag, Anti-Lock-Braking System (ABS) dengan Electronic Brake force Distribution (EBD), sabuk pengaman dengan pretensioners, Force Limiters, pengingat sabuk pengaman driver / co-driver, rear parking assist system, peringatan kecepatan tinggi, serta sensor parkir mundur.

Sampai tulisan ini ditayangkan, memang belum ada informasi atau bocoran mengenai harga S-Presso. Tapi kalau boleh memprediksi, harga S-Presso sepertinya akan berada di tengah-tengah Karimun Wagon R dan Ignis.

Untuk diketahui, saat ini Karimun Wagon R mempunyai rentang harga Rp 122 – Rp 159 juta. Sedangkan Ignis, berada di rentang Rp 175,5 – Rp 204,5 juta. (GO/Gie)

Ini Dia 15 Finalis City Hatch Art Competition

Previous article

Honda Racing Simulator Championship 2 Kembali Digelar Bulan Ini

Next article

You may also like

More in Mobil

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *