Mobil

Pajak Tahunan Hyundai Santa Fe Bensin Ternyata Relatif Murah

Meski dimensinya panjang, namun Hyundai Santa Fe mudah dikendarai. Foto: Nugie

GARDUOTO – Hyundai Santa Fe bensin adalah mobil yang tergolong ke dalam kategori Big SUV yang saat ini dijual seharga Rp 678 juta on the road. Itu adalah harga untuk varian Signature yang merupakan tipe termahalnya.

Dengan harga yang mendekati Rp 700 juta, maka secara logika, Santa Fe bensin punya pajak yang mahal. Tapi ternyata, Santa Fe bensin punya pajak yang relatif murah untuk mobil sekelasnya.

PKB pokok dari Hyundai Santa Fe Signature bensin adalah sebesar Rp 7.560 juta, dan ditambah lagi dengan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) senilai Rp 143 ribu. Setelah diakumulasi, maka pajak tahunan Santa Fe Signature bensin adalah sebesar Rp 7.703 juta.

Nominal tersebut memang tidak bisa dibilang kecil untuk banyak kalangan. Tapi jika kita bandingkan dengan Big SUV ladder frame seperti Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner, pajak Santa Fe Signature bensin justru lebih murah.

Untuk diketahui, Toyota Fortuner TRD Sportivo diesel punya pajak tahunan sebesar Rp 8.232 juta. Sedangkan pajak tahunan Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2, adalah sebesar Rp 8.505 juta. 

Fakta bahwa pajak Hyundai Santa Fe Signature bensin lebih murah ketimbang Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 dan Toyota Fortuner TRD Sportivo diesel ini sebenarnya cukup mengejutkan.

Pasalnya, Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 dan Toyota Fortuner TRD Sportivo diesel sama-sama memiliki harga jual yang tak sampai Rp 600 juta, serta sudah dirakit di dalam negeri. Sedangkan Santa Fe, masih berstatus completely built-up (CBU). (GO/Gie)

Hyundai Staria Termahal Masih Lebih Murah dari Toyota Alphard Termurah

Previous article

Valentino Rossi Pastikan Akan Pensiun di Akhir Musim 2021

Next article

You may also like

More in Mobil

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *