MobilMobil Baru

Karena Diskon PPnBM 100%, Penjualan Daihatsu Naik 37%


GARDUOTO – Pemerintah sudah memberikan diskon PPnBM sebesar 100% untuk mobil dengan kapasitas mesin 1.500 cc ke bawah pada Maret-Mei lalu. Kini, diskon PPnBM sebesar itu diperpanjang hingga Agustus mendatang.

Dukungan dari pemerintah untuk menstimulus penjualan otomotif nasional ini direspons positif oleh pasar dengan kenaikan signifikan. Hal ini terlihat bila membandingkan rata-rata penjualan ritel sebelum penerapan relaksasi PPnBM pada Januari – Februari 2021 sebanyak sekitar 51 ribu unit per-bulan, naik signifikan sebesar 46% menjadi sekitar 74 ribu per-bulannya setelah implementasi diskon pajak pada Maret – Mei 2021.

Salah satu brand mobil yang merasakan dampak positif dari adanya insentif pajak ini adalah Daihatsu. Selain mengalami kenaikan penjualan, Daihatsu juga berhasil mempertahankan statusnya sebagai brand mobil terlaris kedua di Indonesia.

Berdasarkan data dari Daihatsu, rata-rata penjualan ritel mereka sebelum penerapan diskon pajak (Januari – Februari 2021) sekitar 9 ribu unit per-bulan, naik sekitar 37% menjadi sekitar 12 ribu per-bulannya setelah implementasi diskon pajak (Maret – Mei 2021).

Terdapat lima model Daihatsu yang menikmati diskon pajak ini, yaitu Xenia, Terios, Luxio, Gran Max Mini Bus, dan Rocky. Hingga Mei 2021, penjualan ritel kelima model ini mengalami kenaikan total rata-rata sebesar 63% per-bulannya pasca implementasi diskon pajak. Adapun, persentase kenaikan permintaan per-modelnya adalah Luxio 104%, Terios 75%, Gran Max Mini Bus 51%, dan Xenia sebesar 37%.

Tak hanya itu, dampak positif juga dirasakan pada model non-relaksasi Daihatsu dengan kenaikan penjualan ritel total rata-rata sebesar 26% per-bulannya pasca implementasi diskon pajak.

Adapun lima model Daihatsu non relaksasi yang juga mengalami kenaikan permintaan per-modelnya adalah Sirion 111%, Ayla 42%, Sigra 40%, Gran Max BV (Blind Van) 16%, dan Gran Max PU (Pick Up) 9%.

“Daihatsu bersyukur, penjualan Daihatsu tumbuh sejalan dengan kenaikan pasar dengan market share 17%. Kami berharap, tren positif ini dapat terus berlangsung dengan capaian yang lebih baik dari tahun sebelumnya.”

“Terlebih, pemerintah telah memberikan dukungannya berupa insentif diskon pajak demi menstimulus pertumbuhan pasar otomotif,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), dalam konferensi virtual Kamis (17/6/2021). (GO/Gie)

BMW 4 Series Terbaru Akhirnya Mendarat di Indonesia

Previous article

Biaya Kepemilikan Suzuki Ignis Cuma Rp 50 Ribuan Per Hari

Next article

You may also like

More in Mobil

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *