Bengkel

X-Ten Double Ester Oli Produksi Planet Ban Ini Bikin Motor Jadi Ngacir


GARDUOTO – Oli mesin menjadi salah satu bagian yang paling penting di sepedamotor. Untuk itu kita harus melakukan perawatan dengan rutin menggantinya.

Namun terkadang kita masih suka bingung memilih produk oli yang mana yang terbaik bagi sepedamotor Anda.

Karena memang oli berfungsi melumasi semua komponen, dan mencegah terjadinya gesekan saat mesin bekerja. Bahkan dapat meredam panas, hingga mempengaruhi akselerasi, dan efisiensi bahan bakar.

Hal ini membuat pabrikan oli menciptakan formula terbaik dan cocok untuk sepedamotor yang diproduksi di Indonesia.

Nah ini yang membuat Planet Ban sebagai toko jual beli ban, dan spare part, memproduksi oli dengan formula terbaik dan terpercaya bagi konsumen setianya.

Sudah ada beberapa oli yang sudah diproduksi, namun kali ini Planet Ban memperkenalkan X-Ten Double Ester khusus matik 150cc di Februari 2021 lalu.

Oli ini sendiri diproduksi denngan hasil pengolahan oli tingkat tertinggi, yang disebut ester.

Menurut Divisi Product Development, Planet Ban, Wisnu Satrya bahwa kandungan oli mesin motor pada umumnya mengkombinasikan plus aditif, grup tiga atau sintetis, hingga semi sintetis dengan mencampur grup dua, dan tiga.

“X-DEM (X-Ten Double Ester Matic) ini full base oil tiga, plus aditif, dan ester. Polymer ester itu sama dengan base oil (bahan dasar),” tegasnya.

Dirinya menambahkan bahwa base atau bahan dasar oli itu ada lima kategori. Untuk kategori pertama dan kedua disebutnya mineral, kemudian ketiga sintetis, keempat PAO, dan memasuki tahap kelima adalah ester, atau kasta tertinggi.

“Dengan kandungan ester dua kali lipat lebih banyak, dan aditif yang kami kembangkan bisa membuat oksidasi lebih stabil, maka semakin lama umurnya (6.000-7.000 kilometer),” jelas Wisnu.

Racikan semua bahan dasar di dalam oli tersebut dapat membuat mesin menjadi lebih halus, dapat membersihkan keran karbon di ruang pembakaran, hingga melenturkan kondisi ring piston yang sudah keras, atau kaku.

Uji Coba Oli

Untuk menghilangkan rasa penasaran akan oli ini Garduoto.com menjadi salah satu yang mendapatkan kepercayaan untuk mencobanya.

Planet Ban memberikan kesempatan selama 11 hari untuk olinya dicoba di motor Yamaha NMax keluaran 2019 milik Garduoto.com.

Sejak awal setelah pergantian oli yang dilakukan di Planet Ban Pamulang, ada rasa perbedaan yang cukup signifikan pada motor NMax.

Rasanya memang setelah diisi oleh oli ini kinerja mesin langsung terasa saat diajak berakselerasi. Pasalnya, kompresi mesin seakan-akan menjadi agak lebih padat, mulai dari RPM rendah mesin 155cc itu lebih responsif.

Selain itu mesin terasa sangat minim mengeluarkan panas. Dimana saat motor setelah kita pakai dan berhenti, hawa panasnya tidak terlalu terasa.

Bagi Anda yang penasaran dengan performa oli X-Tern Double Ester Matic dibanderol Rp120-125 ribu, tanpa promo. Tersedia dalam kemasan 900 ml dengan tingkat kekentalan 10W-40, dan kemasan 800 ml 10W-30 dan berstandar JASO MB/API SN.[Go/RES]

Pebalap Astra Honda Siap Berjuang Keras di Putaran Kedua ATC 2021

Previous article

Federal Oil Gresini Moto2 Bikin Brand Indonesia Berkibar di Qatar

Next article

You may also like

More in Bengkel

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *