Tips

Berikut Tips Aman Mengendarai Mobil Saat Cuaca Tak Menentu di Libur Imlek

GARDUOTO – Seperti kita ketahui masuk di bulan Februari curah hujan di sebagian wilayah Indonesia sangat tinggi.

Sehingga mengakibatkan terjadinya genangan-genangan air di Jalan. Timbul masalah jika jalan yang akan dilalui oleh Anda ternyata tergenang air yang cukup tinggi.

Kalau dipaksakan, ada risiko yang harus ditanggung seperti water hammer yakni mesin mobil mogok karena kemasukan air. Supaya tetap aman, lakukan langkah berikut ini.

1. Ada Perluasan Asuransi Banjir

Kerusakan kendaraan akibat Banjir tidak ditanggung oleh asuransi kendaraan karena masuk dalam kategori bencana alam atau Act of God.

Kalau tidak ada perluasan polis standar asuransi terkait bencana alam, maka klaim kerusakan akan ditolak oleh pihak asuransi.

Sebaiknya dibatalkan niat melewati jalan yang terdapat genangan air yang tinggi apabila syarat ini tidak terpenuhi mengingat risiko yang akan dipikul.

2. Pastikan Kondisi Mobil Prima

Servis berkala membuat mobil siap untuk melewati berbagai kondisi jalan dalam kondisi cuaca tidak menentu.

Urusan Toyota Lebih Mudah, Di momen Tahun Baru Imlek 2021, Auto2000 siap memberikan angpao yang diberi nama Promo Chinese New Year – Pasti Hoki.

Ada 3 paket yang ditawarkan, yaitu Paket Ganti Oli berupa gratis 1 Liter oli TMO, Paket Servis Rem berupa diskon jasa sampai dengan 45%, atau Paket Engine Tune Up berupa diskon jasa sampai dengan 50%.

Silakan pilih salah satu paket yang paling menguntungkan saat order servis berkala melalui Auto2000 Digiroom.

3. Pelajari Keadaan di Lokasi Banjir dan Berjalan dengan Tenang

Anda bisa mempelajari kondisi genangan air di jalan dengan memperhatikan patokan yang mudah terlihat seperti tinggi trotoar atau tanggul jalan.

Andai tidak terlihat lagi, bisa memperhatikan ban mobil lain yang masih berani melewati. Ketinggian sekitar setengah ban masih aman untuk dilalui.

Waspada adanya arus yang kencang atau jalan berlubang di jalan yang akan dilintasi. Jangan ragu untuk membatalkan ketika tinggi genangan air melampaui satu ban atau ada titik yang berbahaya.

Kalau ada pilihan 2 atau 3 jalur jalan, pilih yang paling kanan karena biasanya genangan airnya paling rendah dan risiko terperosok ke bahu jalan jika terlalu ke kiri. Jalankan mobil secara perlahan dan tenang.

4. Pertahankan Kecepatan Mobil dan Jaga Jarak Aman

Jangan terlalu kencang agar ombak yang tercipta tidak sampai membuat air masuk ke dalam ruang mesin dan mobil sulit dikendalikan.

Hindari mempercepat atau menghentikan laju mobil secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan air masuk ke dalam ruang mesin.

Ada keuntungan mengikuti mobil di depan ketika melewati jalan dengan genangan air yang tinggi karena membantu membelah air yang dilalui. Namun jangan terlalu dekat dan tetap jaga jarak aman.[Go/RES]

Viral Moge Tembus Bogor, Polres Bogor Lakukan Evaluasi

Previous article

Hasil Patroli Korlantas Libur Imlek Aman dan Lancar

Next article

You may also like

More in Tips

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *