Motor

Edukasi Safety Riding di Masa Pandemi ala Astra Honda Motor

GARDUOTO – Adaptif dan kreatif adalah dua hal yang mengemuka di masa pandemic ini. Demikianlah yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) agar tetap dapat konsisten memberikan edukasi keselamatan berkendara kepada pengguna sepeda motor di Indonesia.

Edukasi safety riding yang biasanya dilakukan dengan tatap muka dan praktik berkendara, tahun ini terpaksa harus dilakukan secara daring.

Sebelum memberikan edukasi kepada masyarakat, AHM membekali training khusus tentang delivery skill online kepada 159 instruktur safety ridingnya.
Mereka belajar bagaimana mengisi webinar yang efektif, efisien dan menarik. Para instruktur ini tentu saja sudah teruji skill dan knowledge berkendara aman karena AHM rutin mengkalibrasinya melalui kompetisi khusus safety riding bagi instrukturnya.

AHM membekali para instruktur safety riding dengan materi dan metode penyampaian yang dikembangkan khusus untuk edukasi secara online.

Agar lebih interaktif, materi yang digunakan banyak berbentuk visual seperti gambar ilustrasi dan video hingga alat pratek seperti sepeda motor, helm, jaket serta perlengkapan pendukung lain.

General Manajer Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan perubahan metode edukasi safety riding yang terjadi di tahun 2020 ini merupakan adaptasi perusahaan terhadap kondisi yang tidak memungkinkan memberikan pelatian teori dan praktik langsung di area berkendara.

“Kami ingin tetap konsisten dengan komitmen kami dalam mengedukasi keselamatan berkendara bagi para bikers. Kami yakin adaptasi dengan metode edukasi baru ini dapat mengantarkan para pengguna sepeda motor agar tetap bisa berkendara dengan aman dan sehat di masa pandemi ini,” ujar Muhibbuddin.

Hingga November 2020, AHM bersama jaringan main dealer sepeda motor Honda melaksanakan edukasi melalui beragam materi ajar dengan tema-tema yang menarik. Total sebanyak 114.576 peserta mengikuti kegitan yang dilaksanakan hampir 1500 kali di berbagai tempat dan daerah yang berbeda.

Mereka berasal dari beragam elemen masyarakat yakni 62.488 pelajar, 8.779 anggota komunitas, 12.880 pekerja kantor dan 30.460 orang dari kelompok pengguna sepeda motor lain.

Selama edukasi, mereka mendapatkan pembelajaran teknik berkendara sepeda motor seperti memprediksi bahaya di jalan raya, berkendara saat musim hujan hingga berkendara jarak jauh. Tips berkendara sehat dan berkendara dengan memperhatikan keselamatan pengguna jalan lainnya juga menjadi salah satu materi penting selama pandemi.

AHM Safety Riding Park

Konsistensi AHM terhadap keselamatan berkendara ini tak terhenti oleh Pandemi Covid 19. Pada Agustus tahun ini, AHM memperkenalkan AHM Safety Riding Park, pusat pelatihan Safety Riding Honda terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Fasilitas ini bagian dari Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC). Fasilitas ini berdiri di atas lahan 8,5 hektar berada di Greenland International Industrial Centre (GICC) Kota Deltamas, Cikarang.

Dibangun untuk membangun budaya keselamatan berkendara, AHM Safety Riding Park dapat memberikan pelatihan berkendara bagi 15.000 orang per tahun.

Untuk praktik berkendara, AHM Safety Riding Park memiliki safety riding course dengan karakter kontur yang disesuaikan dengan kondisi jalan di Indonesia, baik kondisi jalan aspal maupun kondisi jalan off-road.

Berdiri di atas lahan 4 hektar, area ini digunakan untuk belajar beragam teknik berkendara sepeda motor yang aman, seperti pengereman, teknik keseimbangan, teknik menikung, teknik melewati jalanan bergelombang, menanjak dan menurun serta teknik memprediksi bahaya.

AHM Safety Riding Park juga memiliki ruang kelas, ruang ujian, ruang simulator, asrama, auditorium hingga sarana olahraga dan ruangan penunjang lainnya.

AHMSRP juga dilengkapi Kids Traffic Park yang dapat menampung pelatihan terhadap 2.000 anak per tahun. Selain rambu lalu lintas, anak usia dini dapat belajar cara menyebrang jalan yang aman menggunakan jalur penyeberangan, dan cara berinteraksi dengan pengguna jalan lain dengan berbagai alat peraga yang tersedia.

Fasilitas ini dapat digunakan masyarakat umum pengguna sepeda motor untuk belajar mengenai keselamatan berkendara dan akan dibuka dengan menyesuaikan protocol kesehatan yang berlaku.

“Kami ingin AHM Safety Riding Park melahirkan sebanyak mungkin duta keselamatan berkendara. Fasilitas baru ini menyempurnakan apa yang telah kami lakukan selama 18 tahun dalam mengampanyekan keselamatan berkendara di Tanah Air,” ujar Muhibbuddin.

AHM bersama jaringan Main Dealer Honda juga telah memiliki 8 pusat pelatihan safety riding yang tersebar di daerah Serang, Jambi, Tangerang, Yogyakarta, Surabaya, Pekanbaru, Medan dan Bandung.
Dengan bertambahnya pusat pelatihan safety riding di Deltamas, kampanye keselamatan berkendara dapat semakin berdampak luas di tengah masyarakat.

Selain Safety Riding Center, sejak 2017 AHM juga mengembangkan safety riding lab di beberapa SMK mitra binaan, seperti di SMK MitraIndustri MM2100 Cikarang-Bekasi, SMK Walisongo Menes, Banten dan SMK PABA Binjai, Sumatra Utara.

Safety Riding Lab di SMK ini dikembangkan dengan menyiapkan tiga zona, yakni Zona Audio-Visual, Zona Simulasi dan Zona Praktik. Zona Audio-Visual menjadi sarana bagi siswa melakukan aktivitas seperti ruang pembuatan blog dan pembahasan fotografi yang didapat pada setiap kegiatan safety riding.

Zona Simulasi yang berdinding tiga dimensi layaknya di jalan raya dilengkapi alat praktik Honda Riding Trainer menjadi tempat siswa berlatih berkendara aman secara virtual.

Sementara itu, Zona Praktik berfungsi sebagai area praktik berkendara langsung yang lengkap dengan tekstur berbagai kondisi jalan dan rambu-rambu lalu lintas.[Go/RES]

Daihatsu Genuine Oil Luncurkan Kemasan 3.5 Liter

Previous article

Tatap Tahun 2021 UD Trucks Kenalkan Slogan Baru

Next article

You may also like

More in Motor

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *