Ragam

IT Road Safety Expo 2020 Resmi dibuka Kapolri untuk Berikan Layanan Prima

GARDUOTO – Korlantas Polri menyelenggarakan IT Road Safety Expo 2020, mulai Selasa (24/11), di Aula Djajoesman, Korlantas Polri, Jakarta yang dibuka langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melalui layar virtual.

IT Road Safety Expo 2020 perdana dengan tema “Standardisasi dan Integrasi Sistem TI Korlantas Polri”, akan berlangsung selama tiga hari 24-26 November 2020 dan dilaksanakan dengan penerapan protokol Covid-19 ketat.

“Perkembangan kehidupan masyarakat yang sangat cepat menjadikan permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan makin kompleks dan dinamis. Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas Indonesia, maka Polri melakukan upaya peningkatan dengan modernisasi sistem teknologi informasi secara berkelanjutan,” tegas Kapolri.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari Kapolri. Ini merupakan inisiatif serta langkah-langkah nyata dalam mengembangkan sistem teknologi dan informasi.

“Hal ini mesti terus dilakukan secara optimal sehingga tercipta budaya aman dan tertib berlalu lintas masyarakat,” tambah Kapolri

Adapun program ini dilakukan Kakorlantas Polri Irjen Istiono untuk merampungkan tahap pertama Program Keselamatan 2020 Presiden Jokowi dengan memberikan bantuan pada 197 ribu sopir, di Jakarta, Senin, (18/05).

Dalam sambutannya Kakorlantas Polri mengatakan bahwa pembangunan IT di road safety dalam bentuk back office, aplikasi, dan network yang berbasis artificial intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) merupakan langkah Korlantas dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Pembangunan IT di road safety ini mempermudah pelaksanaan tugas Korlantas. Dan program road safety policing disiapkan sebagai langkah terobosan kreatif penjabaran kebijakan Kapolri pada fungsi lalu lintas yang berbasis teknologi untuk terbangunnya big data dan one gate service,” tegas Istiono.

Dirinya menambahkan sistem jaringan yang dibangun dan operasionalkan dalam road safety policing merupakan sistem back office, aplikasi dan network untuk mendukung program inisiatif anti korupsi, reformasi birokrasi, dan mewujudkan pelayanan prima yang memenuhi standar: cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, informatif, dan mudah diakses.

Dan di masa pandemi ini, pihak Korlantas sangat mendorong berbagai inovasi pelayanan publik yang berbasis IT. Sehingga mampu mengurangi kerumunan orang datang ke tempat lokasi pelayanan Polantas.

“Saya harapkan tahun depan pameran ini terus digelar dan dikembangkan. Hari ini kita laksanakan dengan protokol COVID-19, peserta yang hadir hanya 50 orang dan mudah-mudahan tahun depan kita bisa melakukan pameran ini dengan maksimal karena IT perkembangannya sangat cepat,” tambah Kakorlantas.

Turut hadir dalam kesempatan ini adalah Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Chrysnanda, Dirgakkum Brigjen Pol Kushariyanto, Dirjen Hubdar, Dirut Jasa Raharja, Dirut BRI, Dirut BNI, perwakilan Kemendagri, Kemenpan RB, PUPR , dan pakar transportasi.

Ini beberapa mata acara dari kegiatan Road for Safety yang dilakukan :

– Expo IT Road for Safety dengan kegiatan pameran Virtual dan seminar IT secara daring, yang terkait dengan penggunaan TI untuk road safety (keamanan, keselamatan, dan kenyamanan berkendara/berlalu lintas) bersama pakar dan narasumber.

– Korlantas Polri menampilkan aplikasi dan teknologi yang dimiliki antara lain IRSMS, e-TLE, Smart Integrasi, Digitalisasi Savety Driving hingga SIM Online.

– Soft launching “RasiRosa Korlantas” (literasi road safety) dan pemberian penghargaan IT Road Safety Award yang diberikan kepada Polda dan Polres/Polresta, yang dinilai banyak melakukan inovasi dan telah menjalankan berbagai aplikasi yang terkait IT Road Safety.

– Pameran dan seminar Expo IT Road Safety 2020 yang bertema “Standardisasi dan Integrasi Sistem TI Korlantas Polri”, dilangsungkan tiga hari 24-26 November 2020 dengan penerapan protokol COVID-19 secara ketat.[Go/RES]

Pioneer Kenalkan 3 Produk Barunya Dengan Banyak Kelebihan

Previous article

FIFGROUP Gelar Program Recruitment Partner Digital Untuk Cari Calon Karyawan Unggul

Next article

You may also like

More in Ragam

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *