Tips

Cara Berkendara Aman dan Nyaman Hadapi Musim Hujan

GARDUOTO – Awali bulan November, sebagian wilayah Jakarta diguyur hujan deras disertai petir dan angin kencang.

Hujan yang turun dalam waktu lama dapat menyebabkan genangan air dan banjir di sejumlah ruas jalan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri khususnya bagi para pengendara baik yang menggunakan motor atau mobil untuk lebih berhati-hati dalam berkendara.

Berbagai persiapan harus dilakukan mulai dari mempersiapkan jas hujan bagi pengendara motor ataupun memeriksa kondisi rem, ban serta wiper bagi pengemudi mobil dan kelengkapan lainnya.

Agar kita terhindar dari segala kemungkinan buruk saat berkendara dalam kondisi hujan, maka kita wajib memperhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Lakukan Pengecekan Wiper

Langkah pertama yang harus lakukan adalah periksa karet wiper. Pastikan wiper berfungsi dengan baik, karena di saat wiper bermasalah bisa mengganggu visibilitas pengendara.

2. Perhatikan Kondisi Ban Mobil

Saat musim hujan, jalanan menjadi basah dan licin. Untuk itu pastikan bahwa ban kendaraan memiliki tekanan angin yang cukup dan kondisi ban memang masih layak digunakan. Potensi kecelakaan sangat besar ketika ban mobil tidak dalam kondisi prima. Perhatikan tingkat keausan telapak ban dengan berpedoman pada Tire Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil.

3. Cek Fungsi Rem

Kondisi jalan licin membuat rem mobil bekerja lebih keras. Pastikan rem berfungsi baik dengan memeriksa kampas rem dan mengisi tabung minyak rem sesuai takaran.

4. Teknik Berkendara Aman

Hujan membuat pandangan pengemudi menjadi lebih terbatas dan jalanan menjadi lebih licin. Berkendaralah dengan kecepatan yang rendah. Apabila Anda tetap membawanya dalam kecepatan tinggi, dikhawatirkan kendaraan Anda akan tergelincir dan hal tersebut membahayakan keselamatan Anda dan orang lain.

Meski sudah berkendara secara hati-hati, risiko dan hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara masih mungkin terjadi. Lengkapi mobil kesayangan Anda dengan perlindungan asuransi dari Garda Oto sebagai salah satu tindakan protektif, dan pastikan polis asuransi mobil Anda mempunyai perluasan jaminan terhadap bencana alam, banjir, angin topan, badai, dan lainnya.

Garda Oto menawarkan layanan asuransi kendaraan dengan kenikmatan kemudahan klaim, klaim yang cepat, dan berbagai keuntungan lain. Khusus pembelian asuransi Garda Oto selama bulan November melalui situs gardaoto.com.

Anda akan mendapatkan keuntungan tambahan berupa Voucher belanja senilai 900rb + Diskon 20% semua jasa Kliknclean dan diskon 50% Jasa Fogging PDV + Cicilan 0%. Yuk, intip promo Musim Hujan di tautan ini.[Go/RES]

Masuk Musim Hujan, Toyota Berikan Program November Rain

Previous article

Aftersales Astra Peugeot Terus Kampanyekan Berbagai Layanan

Next article

You may also like

More in Tips

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *