Mobil

Panther Gunakan Euro 4, Ini Tanggapan Isuzu

GARDUOTO – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memastikan bahwa telah siap mengupgrade mesin-mesin kendaraannya yang bermesin diesel di Tanah Air untuk mengikuti kebijakan pemerintah soal standar Euro 4 yang mulai berlaku tahun 2021 mendatang.

Namun yang sempat menggelitik para awak media apakah Isuzu Panther juga mendapatkan hal serupa agar tetap dapat dipasarkan di Indonesia.

Pertanyaan ini langsung ditanggapi Department Head Prototype and Test Department PT IAMI, Harmoko Setyawan bahwa sebenarnya dari sisi mesin bisa saja, tapi kendalanya kendaraan itu secara value enggak cuma mesin saja.

“Saat ini posisinya (Panther) sedang dikaji sama tim marketing untuk kelanjutannya seperti apa. Mesin 4JA1 bisa di-upgrade, tapi pasti ada cost-nya,” kata Harmoko.

Dirinya memambahkan bahwa cost upgrade-nya cukup besar, dari mechanical pump, kemudian secara basic engine sama, tapi harus ditambah common rai, tambah exhaust control device, harga sudah pasti lebih mahal.

“Apabila memang mesin Panther dijadikan standar euro 4 perlu dipikirkan value-nya yang memang kami sedang dikaji, apa yang mau dikejar, itu sedang dipelajari,” tegasnya.

Sebagai informasi, ketentuan standar Euro 4 untuk kendaraan roda empat berbahan bakar bensin sudah mulai berlaku sejak Oktober tahun lalu. Aturan ini sendiri, tertuang dalam Peraturan Menteri LHK No.P. 20 Tahun 2017 Tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor roda 4 atau lebih Tipe Baru Kategori M, N, dan O.

Dalam pasal 2 ayat 1 disebutkan, setiap usaha dan/atau kegiatan produksi kendaraan bermotor tipe baru, wajib memenuhi ketentuan Baku Mutu Emisi Gas Buang standar Euro 4.

Sedangkan untuk kendaraan berbahan bakar diesel atau yang lebih banyak digunakan untuk mobil niaga, dipastikan bakal diterapkan mulai April 2021.[Go/Res]

DFSK Berikan Berbagai Promo di Ajang GIICOMVEC 2020

Previous article

Mulai Senin Truk ODOL Dilarang Masuk Tol

Next article

You may also like

More in Mobil

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *