Arus Mudik

Menhub Tinjau Langsung Kesiapan Arus Balik Nataru

GARDUOTO – Untuk mengantisipasi arus balik Angkutan Natal dan Tahun Baru, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau khususnya di Tol Cikopo – Palimanan dan Tol Layang Jakarta – Cikampek (Japek).

“Dari diskusi tadi kita memang lihat Tol layang ini tetap menjadi satu perhatian karena pasti mereka yang kembali ingin cepat dengan menggunakan tol layang, tegas Budi saat melakukan tinjauan ke Posko Cikopo, Jawa Barat, Senin (30/12).

Lanjutnya, kemarin pada saat arus libur dari Barat ke Timur kita sudah punya pengalaman atas tol layang. Sehingga saya pikir pembatasan kecepatan, pembatasan masuknya kendaraan, dan penyiapan area emergency itu menjadi relevan untuk dilakukan pada arus balik.

Selain membatasi kecepatan, perlu juga pembatasan kendaraan yang naik ke Tol Layang sehingga tidak terjadi kepadatan di atas.

Bagi masyarakat yang menggunakan Tol layang juga perlu dillmemperhatikan kondisi kendaraan dan stamina pengemudi.

“Kami meminta Jasa Marga melakukan pengaturan pembatasan kendaraan yang akan naik tol layang. Tidak boleh seperti kemarin tidak ada pembatasan, sehingga terlalu banyak yang naik. Selain itu, hal lain yang perlu dipersiapkan yaitu seperti kesehatan dan stamina pengemudi, dan penyediaan (area) emergency,” jelas Menhub Budi.

Menhub menjelaskan, untuk arus balik Nataru akan tersebar mulai dari tanggal 1 Januari 2020 hingga 5 Januari 2020.

Jadi diharapkan seluruh stakeholder yang bertugas seperti Kepolisian, Jasa Marga dan lainnya, dapat mempersiapkan tim lengkap, sehingga jika ada peningkatan volume kendaraan dapat segera dapat ditangani dengan cara bertindak yang tepat.

Selain membahas Tol layang Japek, yang menjadi fokus pembahasan yaitu Tol Cipali yang sejak awal telah dipetakan sebagai titik krusial karena rawan kecelakaan.

Menhub mengatakan, perlu dilakukan analisis lebih detail terkait rest area di sekitar Cipali dan membangun pembatas di tengah jalur Tol Cipali untuk menghindari kecelakaan dua arah.

Analisis tersebut bisa digunakan juga sebagai persiapan menghadapi Angkutan Lebaran Tahun 2020.

“Ini harus disiapkan, lebaran masih tiga bulan lagi tapi kita harus lakukan persiapan dari sekarang, masukan-masukan didiskusi tadi tolong diinventarisir dan minggu depan saya tugaskan Dirjen (Perhubungan) Darat mengkoordinasikan persiapan rencana lebaran ini,” ucap Menhub Budi.

Menhub Beri Penghargaan Kepada Petugas Nataru dan Santunan Anak Yatim Sebagai Bentuk Perhatian

Tidak hanya meninjau posko, Menhub juga menunjukkan perhatiannya kepada para petugas di Posko Cikopo Nataru 2019 dengan memberikan penghargaan.

“Ini bentuk empati kami kepada petugas. Saya tidak bayangkan bahwa mereka harus bertugas dikala yang lain istirahat dan liburan bersama keluarga. Mereka bertugas sampai malam overtime jadi saya harus memberikan penghargaan. Mungkin ini tidak seberapa, tapi ini merupakan bentuk perhatian kami kepada mereka yang bertugas,” ungkap Menhub Budi.[Go/Res]

Jelang Tutup Tahun, Permintaan Pertamax Turbo Naik Drastis

Previous article

Akhirnya Bocor Tampilan Terbaru Suzuki Ignis 2020

Next article

You may also like

More in Arus Mudik

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *