Lifestyle

Astra Financial Wujudkan Pantai Marunda Bebas Sampah Plastik

Astra berkomitmen untuk mengurangi penggunaan plastik serta mendukung kampanye bebas sampah plastik dengan menggelar “Astra Financial Coastal Cleanup #MarundaGUE” di kawasan pantai Marunda, Jakarta Utara.

Acara ini dihadiri oleh Adi Sepiarso selaku Chief Astra Financial serta Sigit Wijatmiko selaku Walikota Jakarta Utara yang dihadiri pula oleh direksi dari 11 layanan jasa keuangan Astra Financial yakni PermataBank, ACC (Astra Credit Companies), FIFGROUP, TAF (Toyota Astra Finance), SANF (Surya Artha Nusantara Finance), Komatsu Astra Finance, Asuransi Astra, Astra Life, Astra Ventura, MauCash dan Dana Pensiun Astra serta perwakilan dari Astra International, Pemprov DKI Jakarta, komunitas pecinta lingkungan dan warga Marunda.

Berdasarkan data Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2018, tercatat jumlah timbulan sampah secara nasional sebesar 175.000 ton per hari atau setara 64 juta ton per tahun. Hal ini berarti, sampah yang dihasilkan setiap orang per hari adalah sebesar 0,7 kg. Sementara itu plastik-khususnya, membutuhkan waktu antara 20 hingga 500 tahun untuk dapat terurai. Dapat dibayangkan betapa tumpukan sampah di Indonesia dapat mengganggu kelestarian lingkungan.

86% Permukaan karang akan rusak jika terkena sampah plastik. Satwa laut yang besar tidak bisa membedakan antara sampah plastik dan makanan. Ketika sampah plastik terurai menjadi mikro plastik, ikan-ikan tidak dapat membedakan mikro plastik dengan makanan dan ketika termakan oleh ikan-ikan, akan mempengaruhi sistem pencernaan dan efeknya ketika ikan-ikan tersebut dikonsumsi maka kandungan plastik dalam perut ikan juga masuk ke dalam perut manusia. Pusat Penelitian Oseanografi LIPI dalam jurnal laporan ilmiah berjudul “Major Sources and Monthly Variations in the Release of Land-derived Marine Debris from the Greater Jakarta Area” menyatakan bahwa 8,3 ton sampah hanyut ke Teluk Jakarta setiap hari. sampah-sampah plastik yang terdampar di pesisir Jakarta berasal dari sembilan muara sungai. Sembilan sungai yang menjadi sumber sampah itu adalah Dadap, Angke, Pluit, Ciliwung Ancol, Kali Item, Koja, Cilincing, Kali Bekasi dan di Marunda.

Adi mengatakan, coastal clean up serta penanaman mangrove ini merupakan kepedulian Astra Financial terhadap lingkungan, dengan berkolaborasi bersama 350 relawan dari komunitas, serta masyarakat umum. “Kami melakukan bersih-bersih di kawasan pantai dan laut Marunda dari berbagai jenis sampah seperti plastik, kaca dan besi. Kami memilih pantai Marunda yang merupakan satu-satunya pantai inklusif di Jakarta saat ini. Namun dikotori oleh begitu banyak sampah. Pantai ini memiliki potensi sosial dan ekonomi yang besar dan berperan penting terhadap lingkungan di Jakarta,”

Adi menjelaskan gerakan #MarundaGUE merupakan social movement masyarakat kelurahan Marunda untuk guyub menjadikan kawasan Marunda sebagai kawasan pesisir yang bersih. Karena kebersihan adalah pangkal segala sesuatu yang baik, ”#MarundaGUE menginspirasi masyarakat Marunda untuk menjadi kreatif menciptakan sesuatu yang unik dari sampah, termasuk sampah plastik yang menjadi konsentrasi isu lingkungan saat ini. Kreativitas yang pada akhirnya diharapkan dapat menggerakkan semangat peningkatan ekonomi masyarakat kawasan pesisir Marunda”.

Sigit menyambut baik gerakan #MarundaGUE yang didukung penuh oleh Astra Financial dan warga Marunda, komunitas serta masyarakat Jakarta. Dia berharap masyarakat Jakarta akan mempunyai rasa memiliki dengan adanya gerakan ini. “#MarundaGUE menjadikan masyarakat Marunda sebagai tuan rumah di lingkungannya. Mempertebal rasa memiliki masyarakat Marunda terhadap kawasannya. Karena ini #MarudaGUE, Marunde Kite!”.

Nantinya, komunitas dan masyarakat Marunda akan tergabung dalam Komunitas Inisiatif Pesisir Marunda (KITE). KITE merupakan gabungan komunitas pecinta lingkungan dengan masyarakat Marunda. Ada pun yang tergabung dalam komunitas KITE yakni, organisasi Orang Indonesia (OI) komunitas Bidara, komunitas pendukung klub sepakbola PERSITARA: NJ Mania, komunitas kesenian Marunda/Marunda Pulo, komunitas Emak-emak Pesisir Marunda, dan komunitas Cinta Lingkungan Organik Marunda.

 

KITE Marunda atau Komunitas Inisiatif Pesisir Marunda adalah komunitas masyarakat yang bermukim di kawasan pesisir Marunda, Jakarta Utara. KITE Marunda atau KITE diinisiasi oleh program Coastal Cleanup Astra Financial tahun 2019/2020 bertajuk #MarundaGUE yang bertujuan menggerakkan masyarakat Marunda untuk mempertebal rasa memiliki terhadap lingkungan hidupnya.

Selain itu, Astra International juga akan melakukan social mapping di kawasan Marunda utamanya di Kampung Marunda Pulo untuk melihat potensi dan menjajaki kemungkinan penerapan program Kampung Berseri Astra di kawasan pesisir Marunda.

Selain aksi bersih-bersih, acara ini juga menghadirkan seniman Budi Mulyono alias Budi Cilok serta aksi palang pintu di kawasan Marunda. Harapannya rangkaian acara ini bisa menjadi awal yang baik di penghujung tahun 2019 sebagai komitmen kontribusi positif Astra sebagai grup untuk Indonesia.

Aerox Fun Challenge Salurkan Konsumen ‘Geber’ di Lintasan Balap

Previous article

42 Siswa siswi SMK Dapat Kesempatan Langsung Bekerja di FIFGROUP

Next article

You may also like

More in Lifestyle

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *