Tips

Kalau Mau Aman Berkendara, Ini Caranya

GARDUOTO – Sampai saat ini sepedamotor masih sangat diminati di Indonesia. Namun masih banyak yang belum sadar bahwa mengendarai sepeda motor sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan? Terlebih beberapa hal menyangkut kondisi jalan dan juga berbagai kondisi lainnya?

Untuk mempersiapkan beberapa hal tersebut tentunya kamu juga perlu mengetahui beberapa peraturan dan pengetahuan mengenai medan-medan berkendara dengan menggunakan sepeda motor.

Tapi tenang dengan menggunakan artikel ini kamu akan mengetahui bagaimana caranya untuk mempersiapkan diri untuk kondisi apapun.

Dijamin dengan menggunakan beberapa informasi ini kamu akan bisa selalu siap untuk berkendara jarak jauh, berkendara di jalan raya dan juga kondisi lainnya.

Tentunya informasi ini juga kamu butuhkan bagi kamu nih, karena akan ada juga beberapa informasi terkait dengan keselamatan berkendara.

Oke langsung saja kita menuju ke beberapa informasi tersebut. Ada tiga bagian 3 bagian utama dalam berkendara dengan sepeda motor yang perlu diperhatikan pertama adalah sepeda motor itu sendiri, Badan kita atau diri sendiri, dan terakhir adalah medan jalan ataupun kondisi jalan yang ingin kita lewati.

Dari ketiga komponen ini kemudian kita bisa mempersiapkan diri dengan kondisi apapun.

Dari Segi Sepeda Motor

Pertama yang harus dipersiapkan tentunya adalah sepeda motor. Bepergian dengan menggunakan sepeda motor sendiri terkadang memang sangat mengasikkan, ada banyak sekali pemandangan yang bisa dinikmati, bisa dengan mudah untuk menghindari kemacetan, lebih mudah mengakses jalan-jalan alternatif dan tentunya lebih fleksibel.

Tapi tentunya kamu juga perlu untuk memperhatikan kondisi sepeda motor yang kamu miliki nih bro, kenapa begitu? Dengan sepeda motor yang prima kita bisa selalu siap untuk mengendarai sepeda motor dalam kondisi apapun.

Selain dari segi sepedamotor kita harus selalu mempersiapkannya. Jadi sebenarnya yang pertama kita persiapkan adalah kondisi sepeda motor.

Sepedamotor hendaknya kamu rawat atau paling tidak lakukan servis setiap tiga bulan sekali atau setiap 2000 km sekali bro. Jika kamu melakukan hal itu kamu sudah selangkah lebih dekat untuk berkendara dalam kondisi apapun.

Jika sudah melakukan service teratur kamu juga tentunya harus cek fungsi-fungsi spare part yang ada di kendaraan sepeda motor. Bisa jadi cek kondisi lampu, ban, dan lain-lain. Dengan melakukan hal ini kamu akan lebih mudah untuk bepergian dalam kondisi apapun dengan menggunakan sepeda motor.

Dari Segi Diri Sendiri

Untuk persiapan kedua ini juga tidak kalah penting. Kita juga harus memperhatikan kondisi diri sendiri agar selalu siap untuk berkendara di dalam keadaan apapun. Apa sih yang harus dipersiapkan? Oke pertama sudah jelas alat keselamatan standar berkendara sepeda motor.

Nah, dari beberapa hal yang harus diperhatikan adalah seperti perlengkapan helm, jaket, celana panjang dan sepatu. Hal tersebut wajib untuk selalu dipakai.

Selain itu ada juga tambahan beberapa hal seperti masker untuk kamu yang ingin lebih terlindung dari pencemaran udara yang terjadi ataupun gangguan asap serta debu.

Perlengkapan ini adalah perlengkapan yang bisa membuat kamu menjadi siap untuk berkendara dalam kondisi apapun.

Kemudian jika sudah siap dengan perlengkapan standar berkendara, tentunya ada beberapa hal lagi yang harus diperhatikan seperti kondisi kesehatan. Sangat penting untuk kita berkendara dengan sepeda motor dalam keadaan sehat dan juga sadar.

Kenapa harus begitu?

Karena berkendara membutuhkan konsentrasi yang cukup dan fokus yang cukup. Jika kita tidak dalam kondisi yang sehat tentunya kemampuan kita untuk berkonsentrasi dan juga fokus akan berkurang drastis, jadi pastikan untuk selalu sehat jika ingin berkendara.

Dalam keadaan sehat kamu akan selalu siap untuk berkendara dalam kondisi apapun.

Dari Segi Kondisi Jalan

Normalnya kita biasanya mengetahui kondisi jalan yang harusnya kita lewati jika kita bepergian di dalam kota ataupun dekat-dekat tempat tinggal kita.

Mungkin kondisi jalan saat kita bepergian di daerah yang cukup dekat bukanlah menjadi masalah. Namun, yang harus diperhatikan di sini adalah ketika kita bepergian saat dalam kondisi jalan yang jauh atau belum pernah kita lewati.

Saat kita ingin bepergian dengan jarak yang jauh ada baiknya jika kita mencari tahu terlebih dahulu medan jalan yang kira-kira akan dilalui. Dengan begitu kita akan lebih waspada dan juga lebih berhati-hati. Ada banyak cara untuk bisa mengetahuinya.

Pertama, kamu bisa bertanya dengan orang yang pernah melaluinya, kedua kamu juga bisa menggunakan internet untuk mencari informasi yang ada di internet secara online, ketiga gabungkan cara tersebut dan kemudian jadikan sebuah kesimpulan mengenai persiapan yang sangat matang.

Kesalahan dari beberapa pengguna jalan raya terutama para pengendara sepeda motor adalah jarang melakukan dan juga mencari tahu kondisi jalan seperti ini.

Demikian cara mempersiapkan diri untuk bisa berkendara dalam kondisi apapun, sehingga kamu akan selalu siap. Jadi apakah kamu sudah siap berkendara bro?[Go/Res]

Suryanation Motorland Ridescape Sukses digelar di Coban Rondo

Previous article

TOSCA Dapat Penghargaan Dari Garda Oto

Next article

You may also like

More in Tips

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *