Mobil

Kalau Masuk Indonesia, Daihatsu Rocky Bisa Saja Pakai Mesin Turbo

GARDUOTO – Daihatsu Rocky yang baru saja meluncur di Jepang pada Selasa (05/11) lalu, menggunakan mesin kecil berkapasitas 1.000 cc tiga silinder.

Meski kapasitasnya kecil, namun jangan langsung sangsi dengan performanya, karena jantung pacu keluarga baru SUV Daihatsu ini sudah dicekoki turbo.

Ditanamkannya turbo pada mesin Rocky, membuat mobil ini jadi mempunyai tenaga sebesar 96 dk di 6.000 rpm, dan torsi 140 Nm pada 4.000 rpm. Melihat figur tersebut, maka di atas kertas, performa mesin Daihatsu Rocky ini bisa dibilang setara dengan mobil-mobil bermesin 1.300 cc.

Terlepas dari tenaganya yang menjanjikan, sebenarnya bukanlah sesuatu yang menakjubkan kalau Daihatsu membekali Rocky dengan mesin kecil berturbo. Sebab di Jepang, Daihatsu sudah banyak menghadirkan mobil berdimensi mungil dengan kapasitas mesin yang kecil, tapi berturbo.

Beda Jepang, beda Indonesia. Jika di Negeri Sakura mobil Daihatsu bermesin kecil dengan turbo sudah menjadi hal yang biasa, di Indonesia, hal tersebut justru belum ada. Soalnya sampai hari ini, semua mobil yang dijual oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) masih mengandalkan mesin naturally aspirated, alias tanpa turbo.

Namun cepat atau lambat, sepertinya ADM akan menjual mobil berkapasitas mesin kecil dengan turbo. Itu bisa saja terwujud dengan catatan, kalau Rocky berhasil dijual di Indonesia.

“Salah satu aspek dari Rocky yang tengah kami pelajari secara serius adalah mesinnya. Kami masih mempelajari dan melakukan riset tentang bagaimana penerimaan masyarakat Indonesia terhadap mesin 1.000 cc tiga silinder turbo milik Daihatsu,” kata Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor.

Masih menurut Amelia Tjandra, kalau ternyata mesin 1.000 cc turbo ini mendapatkan respons yang positif dari masyarakat, maka saat adik dari Terios ini sampai ke Tanah Air, ia bakal dipasangkan mesin berkapasitas kecil itu.

Namun bila mesin 1.000 cc turbo itu mendapat animo yang kurang dari masyarakat Indonesia, maka kemungkinan Daihatsu Rocky yang akan dimasukkan ke Indonesia bakal mengandalkan mesin berkapasitas 1.200 cc naturally aspirated.

Lantas, Jika nanti Daihatsu Rocky benar-benar masuk ke Indonesia, mesin yang mana yang akan dipakai oleh Mini SUV ini? Apakah yang berkapasitas 1.000 cc tiga silinder turbo, atau 1.200 cc empat silinder naturally aspirated? Kita lihat saja nanti. [Go/Gie]

Cititrans Buka Flagship Pool di Surabaya

Previous article

Selesai Uji Coba di New Zealand, XPANDER AP4 Siap Kompetisi di Indonesia

Next article

You may also like

More in Mobil

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *