Ultimate magazine theme for WordPress.

Yuk Perhatikan Oli Anda Palsu atau Tidak

GARDUOTO – Masih banyak pengguna kendaraan yang belum memperhatikan oli yang mereka beli itu asli atau palsu. Padahal kalau kita tidak teliti dan sampai menggunakan oli palsu maka bisa merusak komponen kendaraan.

Memang bagi kita orang awam akan kesulitan dalam membedakannya. Rata-rata saat sedang mengganti oli, banyak dari kita yang memilih untuk menunggu di ruang tunggu jadi kita tidak bisa membedakan mana oli asli dan oli palsu.

Walaupun sulit dikenali tapi bukan berarti tidak bisa sama sekali. Untuk Anda yang saat ini merasakan kesulitan untuk membedakan oli asli dan palsu, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahuinya.

Mungkin yang pertama harus diperhatikan adalah Label. Ada beberapa pelaku pemalsuan oli yang akan berusaha untuk menekan biaya pembuatan, dari sini mereka umumnya akan membuat label terlihat tidak mencolok dan kurang begitu diperhatikan.

Cara untuk memastikannya cukup mudah, umumnya sticker yang digunakan pada kemasan berbahan bontax untuk menutupi aksinya. Sedangkan, pack yang asli menggunakan sticker vinyl yang jauh lebih kuat dibanding bontax.

selanjutnya adalah kemasan botol olinya. Untuk memastikan oli palsu atau tidak, Anda juga bisa melihat dari kemasan botolnya.

Cara termudah untuk mengenali oli palsu adalah bisa diketahui dari warna kemasan botolnya yang digunakan kusam dan tidak seperti oli-oli yang dijual pada di pasaran.

Nomor ID Kemasan juga menjadi salah satu yang perlu diperhatikan. Umumnya pada tutup botol oli terdapat ID dari oli mesin, Anda bisa melihat nomor ID botol dan tutup botol untuk memastikan keaslian oli.

Bila Anda menemukan perbedaan dari kedua ID, maka itu merupakan oli palsu.

Berikutnya adalah tutup botol yang harus diperhatikan. Semua produsen oli pasti memiliki seal untuk memberikan tanda bahwa oli yang dijual adalah baru dan biasanya tertutup rapat.

Ketika tutup dibuka, maka segel akan otomatis rusak. Di sini Anda bisa memerhatikan bila tutup botol yang akan dimasukkan seal-nya sudah rusak, maka Anda bisa meminta untuk diganti dengan oli lain.

Semoga tips ini dapat berguna bagi anda dan bisa tetap menjaga kondisi mobil tetap aman dari oli palsu.[Go/Res]

Leave A Reply

Your email address will not be published.