Ultimate magazine theme for WordPress.

Carsome Terus Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif Mobil Bekas Indonesia

GARDUOTO – Memasuki tahun ketiga eksistensi Carsome kali ini bermitra dengan Forum Wartawan Otomotif (Forwot) untuk menggelar Sesi Diskusi Media bertajuk “Mendorong Pertumbuhan Industri Otomotif Indonesia melalui Efisiensi Penjualan Mobil Bekas” yang diadakan di Kemang (14/08).

Acara ini sendiri dihadiri sejumlah jurnalis otomotif senior yang turut sumbang saran pada topik yang dibahas siang itu.

Dalam kesempatan itu, Country Manager Carsome Andreas Djingga mengaku bahwa diskusi ini sangat bermanfaat untuk memahami pasar otomotif di Indonesia yang rumit namun menyimpan potensi besar.

“Memasuki tahun ketiga layanan kami di Indonesia. Penting bagi kami untuk mengukur kembali apa saja yang sudah kami capai dan bagaimana kami bisa mengoptimalisasi peran kami di Indonesia,” ungkap Andreas Djingga.

Sektor otomotif di Asia Tenggara memang sedang booming. Otomotif menjadi industri yang menguntungkan berkat populasi yang besar dan gelombang urbanisasi dalam beberapa dekade terakhir ini.

Di wilayah ini, Indonesia muncul sebagai salah satu pasar yang paling besar dan paling menarik. Di tahun 2018 saja, Asean Automotive Federation mencatat penjualan mobil baru sebesar 1,151,291 unit, artinya terjadi kenaikan 7% dari tahun sebelumnya.

Lebih jauh lagi, pasar otomotif Indonesia memang masih menyimpan potensi besar untuk tumbuh. Proses jual beli mobil baru di Indonesia juga masih kurang efisien, karena calon pembeli harus berinteraksi dengan dealership dan perusahaan pembiayaan.

Pengamat otomotif Gesit Prayogi mengakui upaya Carsome memberikan solusi bagi para penjual mobil bekas memberikan dampak positif pada industri otomotif secara umum.

“Kehadiran platform seperti Carsome, membuat perputaran kapital di industri otomotif berlangsung dengan efisien, sehingga pembelian mobil berikutnya juga menjadi lebih cepat. Apalagi dengan mendapat penawaran terbaik, penjual mobil memiliki lebih banyak pilihan untuk mengganti mobil barunya,” papar Gesit.

Sebagai platform daring untuk jual mobil, Carsome menawarkan akses ke inspektor berpengalaman dan akses ke ratusan dealer terverifikasi di Jabodetabek.

Alhasil, proses jual mobil bekas yang biasanya baru selesai dalam 2-3 bulan, bisa selesai sangat cepat dalam 1 hari saja. Artinya dalam 1 hari, sang penjual sudah memiliki kapital segar untuk membeli mobil barunya.

Kini, Carsome telah berhasil membuktikan diri sebagai kekuatan yang perlu diperhitungkan di dalam besarnya pasar jual mobil bekas di Jabodetabek.

Dengan keberhasilan lebih dari 6000 penawaran dari ribuan dealer dari tahun 2018 ke tahun 2019 dan lebih dari 20% tren peningkatan transaksi setiap bulannya.

Hingga kini, Carsome pun telah menjalin kemitraan dengan 1150 dealer se-Jabodetabek, sambil berupaya memperluas jaringan operasionalnya ke kota-kota lain di Indonesia.[Go/Res]

Leave A Reply

Your email address will not be published.