Arus Mudik

Amankah Jalur Mudik untuk Sepedamotor? Ini Penjelasan Menteri PUPR

GARDUOTO – Masih banyak pemudik melakukan perjalanan ke kampung halaman dengan menggunakan sepedamotor. Persoalannya apakah jalan yang akan dilalui para pemudik sudah aman?

Menteri Basuki mengatakan saya kira jalan nasional dan jalan tol kita sudah relatif siap untuk melayani arus Mudik dan Balik pada Lebaran 2019 ini.

“Untuk itu, kami juga berkewajiban untuk memperhatikan secara serius kondisi jalan alternatif. Hal ini agar tidak membahayakan pengguna kendaraan roda dua. Walaupun sudah ada imbauan Kementerian Perhubungan untuk meminimalkan penggunaan sepeda motor untuk mudik,” kata Menteri Basuki.

Untuk meningkatkan kualitas Jalan Inspeksi Kalimalang. Dari total 61,7 Km telah ditangani penuh sepanjang 46,1 Km oleh Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VI Jakarta Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga.
Sedangkan sisanya ditangani oleh Pemerintah Daerah terkait. Yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang.

Perbaikan dilakukan sejak Sabtu (18/05) hingga Minggu (26/5). Dengan memobilisasi truk pengangkut material batu dan pasir serta sejumlah alat berat seperti grader untuk mengerjakan penambalan lubang dan pengaspalan jalan.

Tiga titik lokasi perbaikan yakni Jalan Kalimalang di ruas Cawang-Kota Bekasi sepanjang 16,5 Km, yang berada di Kabupaten Bekasi 27,9 Km dan di Karawang sepanjang 1,7 Km.
Pekerjaan penambalan dan pengaspalan dilanjutkan pada ruas jalan Palumbonsari Karawang Barat-Mekarsari. Dengan bekerja sama bersama Pemda Kabupaten Karawang.

Jalur ini juga sebagai jalur alternatif pemudik sepedamotor dari Karawang Barat menuju jalan nasional pada segmen Pamanukan-Cikampek.

Pada ruas jalan nasional dari Jakarta menuju wilayah utara pulau Jawa (Pantura) juga telah disiapkan Kementerian PUPR. Jalan nasional Pantura akan dipadati kendaraan dari arah timur. Apabila diberlakukannya sistem one way di jalan tol dari Cikarang hingga Brebes Barat.

Kondisi jalan nasional lintas utara Jawa sepanjang 1.341 Km dalam kondisi mantap 93 persen. Lintas Tengah Jawa sepanjang 1.197 Km dalam kondisi mantap 93 persen.

Sedangkan Lintas Selatan sepanjang 888 Km mantap 98 persen. dan Pantai Selatan Jawa sudah terhubung 1.267 Km dari total 1.647 Km dengan kondisi mantap 83 persen.[Go/Res]

Menhub Resmikan Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019

Previous article

Menhub : Pemudik Jangan Terpaku Trans Jawa, Jalur Selatan Juga Ok

Next article

You may also like

More in Arus Mudik

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *