Ultimate magazine theme for WordPress.

Kapan Waktu yang Pas untuk Perawatan AC Mobil?

GARDUOTO – Mungkin bagi sebagian pemilik mobil belum banyak mengetahui perawatan paling mendasar dari AC kendaraannya.

Menurut Kelvin Ong, Kepala Cabang Rotary Bekasi perawatan mendasar adalah mengganti oli kompresor secara rutin.

“Ada baiknya diganti tiap 20 ribu kilometer. Atau setidaknya setahun sekali. Tujuannya, agar pelumasan tetap terjaga dan AC lebih awet,” tegas Kelvin saat ditemui di Bekasi, Jumat (8/2).

Lanjutnya, jika oli kompresor kehilangan daya lumasnya, pelan-pelan cairan berubah menjadi zat asam. Hal ini bisa mengakibatkan panas berlebih pada kompresor.

Inilah manfaat dari flusing machine. Tanpa harus melakukan pembongkaran komponen AC. Takaran oli yang diisi ke dalam kompresor juga sangat akurat, sesuai standar AC mobil Anda. Jadi risiko kerusakan komponen lain akibat pembongkaran berkurang.

Lalu di dalam sistem AC mobil terdapat evaporator sebagai komponen penting. Fungsinya untuk mendinginkan hawa panas.
“Letaknya di bawah dasbor mobil, yang menyebabkan rentan terkena debu dan kotoran. Ia harus dibersihkan rutin 20.000 km atau setahun sekali,” papar Kelvin.

Namun dengan cooling machine, pembersihan dilakukan tanpa membongkarnya. Cairan pembersih khusus dimasukkan dalam mesin.

Kemudian disemprotkan melalui slang bertekanan tinggi ke bagian evaporator. Alat ini dilengkapi kamera untuk melihat kebersihan evaporator.[Go/Res]

Leave A Reply

Your email address will not be published.